Pembaca

30 Januari 2014

Karburator dan Isinya


Setelah beberapa kali membersihkan karburator sendiri dengan bantuan teman, akhirnya saya berhasil membersihkan karburator dengan tangan sendiri dan sendirian. Awalnya, sempat saya alami bongkar pasang karburator milik Colt T-120 ini dan dianggap gagal karena ada beberapa item yang tidak terpasang. Hal ini membuat saya kendor dan capek karena tidak terbiasa. Ini adalah pengalaman yang, kalau tak salah, keempat atau kelima kalinya.

SPUYER
Awalnya, saya membongkar karburator karena merasa konsumsi BBM Colt saya ini terlalu boros. Ditemukanlah penyebabnya, yakni adanya kombinasi spuyer yang terlalu besar, 95-162. Padahal, sebelumnya sudah sering kali mencoba kombinasi spuyer, mulai dari 80-90, 85-90, hingga yang terakhir 85-95. entah mengapa dan kapan saya pasang spuyer gede itu, mungkinkah orang lain? Mungkinkah paman saya yang menggantinya sewaktu membawa Colt ini ke Jember tempo hari? Namun, yang saya pasang dalam kali terakhir ini adalah kombinasi 95-98. Selain spuyer berbentu pipih, ada lagi spuyer yang bentuknya panjang, entah apa ini fungsinya. Posisinya tegak dan batangnya seperti batang lidi. Ternyata, nomor spuyer yang ini juga beragam. Yang saya temukan dalam karburator bernomor 4.4.
Spuyer pipih, seperti mur, yang kombinasinya saya sebut di atas, banyak sekali ragamnya.  Saya memang sering membeli spuyer untuk koleksi, tepatnya untuk persiapan dan coba-coba. Toh, harganya berkisar 3-5 ribu rupiah saja. Dari sekian banyak spuyer, saya membaginya jadi dua jenis: ada yang berwarna kuning emas dan jenis lainnya kuning kehitaman. Yang kuning seperti emas, nomornya jelek, seperti ditulis tangan. Semetnara yang kuning kehitaman cap nomornya seperti dari cetakan. Saya berasumsi, spuyer yang warna kehitaman ini adalah yang nomornya lebih valid. Soalnya, saya pernah membandingkan lubang spuyer itu tidak sama;
lubang spuyer kuning bernomor 90 ternayta lebih besar dibandingkan spuyer kehitaman yang bernomor 95. Saya bandingkan pula dengan nomor yang lain.

MEMBERSIHKAN KARBURATOR
Untuk membersihkan karburato, sekarang tak perlu repot lagi. Kini, sudah tersedia cairan pembersih berbentuk semprotan (spray). Ia dapat membersihkan lubang-lubang di karburator dengan hanya cukup disemprotkan. Namun ingat, jika karburator berisisi kotoran padat, seperti serpihan pasir/debu, saya tidak yakin dapat dibersihkan dengan semprotan itu. Saya lebih yakin jika dibersihkan dengan kompresor.

PACK-SET/TOOL KIT
Pak set yang dimaksud di sini adalah sekumpulan item/onderdil dalaman karburator, berisi spuyer, packing, dll. Baru-baru ini saya membeli sebuah pack set dengan harga 60.000. Ternyata, beberapa yang saya temukan tidaklah benar-benar memuaskan/lengkap. Ada beberapa item yang tidak ada di dalamnya, seperti gotri dan kuningannya. Terus, masalah muncul karena batang besi penahan gotri itu ternyata terlalu panjang dari yang saya gunakan (yang kebetulan dibuat sendiri dari ruji sepeda karena yang aslinya hilang saat dibongkar). Akhirnya, saya potong dengan mesin gerinda dan disesuaikan.

Saya pernah mengalami kelepaaan tidak memasang batang goti dan kuningan itu di dalam karburator. Anehya, karburator tetap berfungsi dan mesin tidak pincang. Makanya saya tidak curiga sama sekali kalau ada beberapa item yang lupa dipasang. Saya baru curiga setelah diketahui konsumsi BBM diperkirakan menjadi gila, yakni 1:8 atau bahkan kurang. Ini diketahui setelah saya gunakan dalam perjalanan jauh, ke Banyuwangi (dari Sumenep).






Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...