Pembaca

26 Januari 2009

Mitsubishi Colt T 120


Titos du Polo bukanlah Titus dari Polo, melainkan cara baca kami (orang Madura) terhadap "T-120", sebuah varian colt buatan Mitsubishi yang mula-mula bergaya sejak tahun 1970-an awal.

Cata membacanya bahkan begini: "Titosdupolo". Cuma, saya sering menyebutnya "Titos" saja, semacam panggilan kesayangan.

Ti = T;
Tos = Saratos / seratus
Dupolo = Dupolo / duapuluh.

Kakaknya bernama T-100, tetapi yang menerima sebutan raja jalanan adalah colt T-120 ini. Ada banyak kisah tentang mobil ini. Nanti... nanti kita ceritakan. Sekarang jumatan dulu, ya! Biarpun Titos (baca: cakep), yang penting jumatan..


32 komentar:

  1. thx dah ngintip partelon. tapi jangan2 yang kormeddal prei, tapi nyongop do blog baru?~ :(

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Mun komentar tak andik, mun pesse bennyak.

    BalasHapus
  4. ....Bbuh: Paya na'-kana reyah (macoccong)

    BalasHapus
  5. selain tangguh, titos du polo juga super cuek, Ra. Mun tak parcajeh, oladhih e partelon...

    BalasHapus
  6. Bha' bila ngamponga nge-tem e partelon, nyareya penumpang...

    BalasHapus
  7. sae, pola bede sareyang e partelon akan menuju tastabun lewat jalan hakikat karena rindu pulang dengan membawa oleh-oleh sangngaran mikrosop :-)

    BalasHapus
  8. salah satu cara agar tidak distop orang karena dikira angkutan umum, kalau nyopir ya harus pakai kopyah haji dan berkalung sorban. nanti dibikin film sama Hanung untuk sekuel lanjutan "Perempuan Berkalung Sorban". dan yang ini, "Sopir Berkalung Sorban"

    BalasHapus
  9. mungkin wujudku .. jauh dari "sophisticated", desiran angin tak pernah kuperhitungkan, selama masih bisa maju ... aku tak pernah lepas ... menikmati udara yang menerpa muka ku ...

    mungkin ... kecepatan bukan alasan aku diciptakan .... tapi daya muat ...

    mungkin, kenyamanan .... adalah satu-satunya alasan aku diciptakan ... walaupun saat itu .... makna kenyamanan jauh berbeda dengan definisi saat ini ...

    walaupun ... tak semua orang ... masih ingat betapa jayanya aku di masa lalu ....
    aku bahagia ... sudah berperan menjadi transportasi mereka2 yang mungkin saat ini sudah menjadi orang .. entah menteri ... gubernur ... bupati ... walikota ....

    atau malah mereka yang dulu memiliki aku untuk alat usaha ... bisa jadi .. saat ini sudah memiliki maskapai penerbangan ....

    ~Mas Fajar Bagus~

    BalasHapus
  10. same same sareyang nyareah kancah
    same same andi,t120 se e obe deri station wagon dedhi pick up....terro ngamponga tularan elmuh se amanfaat kaangghuy kaula lebbi lebbi dhak masyarakat.

    BalasHapus
  11. Mas, saya skrg kesulitan cari bak perseneling Colt T 120 1979 pick up saya,,, klu teman2 sekalian ada info pls hub 0811754329 atau onny.iskandar@gmail.com yah..trims

    BalasHapus
  12. @Mas Fajar: betul itu mas.. banyak seklai jasa si tua ini
    @Muhtadi: sami-sami lar-tolaran
    @Onny: kalau di sini nyarinya relatif lebih mudah, mas. Mas Onny sendiri tinggal di Riau, kan? jadi, gimana sulitnya nanti urusannya jika bak perseneling itu dibeli di Jawa Timur.. ha..ha..

    BalasHapus
  13. ha.ha..skrg udah ketemu di pekanbaru via medan..harga 1,5 jt..trims for all

    BalasHapus
  14. eyang T120 emang berjasa, nyekolahin aku dari es-dhe pe kuliah di teknik mesin. alhamdulillah..skarang aku dah bisa jadi driver eyang yang baik.suma

    BalasHapus
  15. @Onny: selamat , maaf komenku lamabt
    @Suma: selamat juga deh...mohon dirawat yang baik, ya, sebagai balas jasa, he..he..he..he.

    BalasHapus
  16. bpk2 dan mas pecinta colt, bpk saya punya mobil colt th 1981 karoseri adiputro semua panel (termasuk alarm speed) masih hidup lampu interior pun masih hidup, barangkali disini ada yang membutuhkan dengan berat hati mobil kesayangan ini mau di jual. terima kasih kalo ada yang berminat hub di no 081578685998

    BalasHapus
  17. Mas fhuat: semoga segera laku. Ada di mana? Plat-apa?
    Rekan-rekan yang lain mungkin ada yang berminat?

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. mobil ada di jogja berikut foto2 nya saya upload semoga bermanfaat

    BalasHapus
  20. Sungguh cantik mobilnya, Mas. Rasanya, tak mampu menahan ingin...

    BalasHapus
  21. waaaaahhhhhhh, jadul tua ini banyak juga yang masih punya ya. saya juga punya th 81 akhir karoseri podojoyo masih ori semua panel dan alarm speed masih nyala,sekarang udh power window & remote control.dari th 2002 sampai sekarang masih saya bawa operasional wilayah sumbar,riau jambi. keliling keliling..... eng ing eeeeenggggg.

    BalasHapus
  22. Pak Anonim: berarti Anda tinggal di Sumatera, ya? Kendaraan ini bukan sejenis kendaraan koleksi, jadi saya tidak mampu (atau juga kurang berminat) untuk memodifikasinya dengan dipasangi AC atau yang lain. Saya memperlakukan kendaraan ini sebagai kendaraan harian, baik jarak pendek atau, sesekali, jarak jauh.

    Salam,

    BalasHapus
  23. ini mobil paling legendaris,saking tenarnya mbl ini dikotaku kalo mau ke luar kota naik mobil umum nyebutnya naik colt,dan sampe sekarang masih banyak berkeliaran

    BalasHapus
  24. permisi pak ........mohon bantuan saya mau gambar bus yang kepala colt t120 kira2 ada dimana ya...
    trimakasih

    BalasHapus
  25. Maaf baru membalas, Bung Anonim. Ini dia tautan ke gambar yang Anda maksud.

    http://titosdupolo.blogspot.com/2009/08/colt-rasa-bis.html

    BalasHapus
  26. trimakasih banyak infonya, sy dah dapet sekarang krn sy termasuk suka koleksi gambar2 colt t120.........salam dari tangerang

    BalasHapus
  27. Subhannallah,,
    ini mobil-nya benyamin s yang iklannya eng ing eng itu ya mas??
    mantap!masih mulus dan masih terawat,,,
    memang kualitas mobil zaman dahulu benar2 di luar nalar..
    mobil sekarang kalo sudah menyentuh 100rb rewelnya minta ampun,,
    sekarang saja colt120 ini sudah termasuk kategori mobil legendaris-klasik-antik,ga kebayang beberapa tahun lagi,,
    selamat mas,sampeyan salah satu orang yang beruntung,,

    btw, colt sampeyan karoserinya apa kalo boleh tahu?

    Salam,
    Menadion-jogja

    BalasHapus
  28. Ucapan Anda "selamat mas,sampeyan salah satu orang yang beruntung" sungguh membuat saya terharu :-)

    Ini buatan tahun 1980, karoseri Internasional, cuma kayaknya sudah abal-abal...

    BalasHapus
  29. Bukan cuma kakek2 yg dulu wktu muda terkesan dngan colt, sayapun yg lahir th 77 jga punya cerita dngan legenda jalanan ini. Salah satu mahakarya ciptaan manusia

    BalasHapus
  30. Obrolan seru nih, ada yg tahu ndak berapa jumlah t 120 yang pernah diproduksi mitsu di seluruh dunia ? Negara mana yang impor t 120 dari Jepang ? Siapa perancang mobil t 120 ? Colt mania kyknya wajib khatam tentang si titos

    BalasHapus
  31. @Anonim: seru sekali komentar Anda, nostalgik, hehe

    @Prasanto: saya tidak tahu jumlah dan jawaban yang lain. Namun dalam sebuah iklan, dikabarkan, kala itu lho,:sudah laku terjual di atas 500.000 ribu unit di tanah air

    M. Faizi aka TITOS

    BalasHapus
  32. Ndak minat yang lain mak kaeh? Cuma t satos dupolo tok?

    BalasHapus

Kopdar Triwulan di Blitar

Jarak dari rumah saya ke Blitar itu jauh. Kesannya begitu, bahkan lebih jauh daripada perjalanan saya sebelumnya, ke Banyuwangi. Tapi, ini h...