Pembaca

11 September 2012

Jika Aliran Bensin Terganggu

Pompa bensin dari filter bensin ke karburator menggunakan membran. Jika membran lemah, biasanya colt dicirikan dengan tidak kuatnya saat menghadapi tanjakan karena kekurangan bensin. Biasanya, membran tidak serta-merta langsung rusak, melainkan berstatus lemah terlebih dahulu.

Untuk aliran bensin kendaraan baru umumnya menggunakan pompa elektrik. Sayangnya, jika pompa elektrik tersebut rusak sementara kita sedang berada di tengah perjalanan, situasi ini akan mengharuskan kita membeli suku cadang yang baru, saat itu juga, atau mengganti elemen elektrik pada perangkat itu jika masih bisa diperbaiki. Namun, jika kita terpaksa pergi atau pulang dalam keadaan jauh dari toko atau tengah malam, cara paling memungkinkan adalah dengan memasukkan selang langsung ke karburator yang dituang dari jeriken/botol yang berisi bensin. Letak jeriken/botol bensin harus lebih tinggi daripada karburator.

Saya mendapatkan cerita unik dari seseorang tentang pengalamannya yang kala itu tidak bisa nanjak di sebuah tanjakan terjal karena membran colt-nya sudah lemah. Apa yang dia lakukan? Katanya, ia menggunakan perseneling R (mundur) untuk menanjak ke atas. Apakah ini masuk akal? Entahlah, saya belum pernah mengalaminya.

4 komentar:

  1. Ass,salam kenal mas,saya mau tanya ketika mobil dipakai mati mendadak,keadaan jalan tidak menanjak,ketika di cek bensin tidak naik sampai karburator,setelah lama menunggu mesin agak dingin,baru bensin mau menyemprot di dalam karburator,apakah ini ciri2 membran lemah mas,apakah masih ada yang jual membran orisinil,kira2 harganya berapa...salam dr bandung

    BalasHapus
  2. Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu. Mas Reza, setahu saya, membran lemah itu tidak mendadak. ada fase-fase awal yang menunjukkan kelemahannya. kayaknya itu bukan faktor membran karena tetap berjalan normal setelah mesin didinginkan lebih dulu.

    Kalau membran kayaknya nggak bakal rusak. Mungkin hanya komponen dalamnya yang harus diganti, sejenis seker atau pompa membrannya.

    M. Faizi/Titos Dupolo

    BalasHapus
  3. ni pengalaman sya yg pernah sya alami,,,,pak pompa bensin yg nempel dimesin ketebalan juga gak mau,,,lemah,ini cuma masukan aja,silahkan dicoba dulu,slam ngawi timur,,,,

    BalasHapus
  4. @Anonim: terima kasih telah berbagi pengalaman. Salam dari Sumenep

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...