Pembaca

15 Januari 2011

Delco



Salah satu penyebeb sering berubahnya setelan platina pada colt T-120 yang saya tahu diakibatkan goyahnya batang delco. Batang delco (entah apa istilah mekaniknya, pokoknya batang panjang yang berujung di mesin pompa oli itu) tersebut diperkuat oleh bos atau cincin (bearing/bushing) yang bergunan mengurangi aus karena gesekan. Nah, jika batang itu sudah aus, maka otomatis ia akan goser (bergoyang sedikit) saat berputar terus-menerus. Akibatnya, setelan tidak akan awet.

Kita bisa mengganti bos/cincin itu. Belilah di toko. Harganya berkisar 12.000 rupiah hingga 20.000 untuk kualitas yang lebih bagus. Bahkan, kita bisa memasukkan dua bos/cincin sekaligus itu ke dalam tabung delco itu jika memang sudah sangat goyah.

Nah, yang perlu juga diperhatikan, apakah otomat delco colt kita masih berfungsi apa perlu juga diganti? Jika tidak berfungsi, masin panas dapat mengakibatkan mobil sulit di-start. Pengecekannya mudah. Tiuplah lubang udara di otomat tersebut. Jika tidak ada reaksi, berarti otomat itu minta diganti. Harga berkisar 30.000-40.000 an.

Catatan: semua informasi ini saya dapatkan dari Paman Farhan yang menolong saya memperbaiki colt tadi malam, sampai larut, dengan kopi dan jagung bakar.

17 komentar:

  1. wah.... mahl juga ya otomatnya..... pantesan dulu "BELO" (nama coltku dulu) sulit banget di start saat panas. sampai Ganti koil tiga kali.....

    BalasHapus
  2. Kemarin saya sudah coba, mas... Enak sekali. Apalagi, itu otomatnya juga saya ganti. Gas jadi lebh stabil dalam keadaan stationer maupun balap.

    Eh, maaf, HARGA-nya salah. Maksud saya 30.000. He..he..he..he.he. kacau ini... Malah bikin kaget...
    dan kemarin waktu saya beli harganya 39.000 (tigapuluh sembilan ribu rupiah)

    BalasHapus
  3. MAAF, MAS KASBOELAH. Harga otomat itu sebelumnya tertulis 230.000. Sekarang sudah saya perbaiki. YAng betul 30.000-an ribu hingga 40.000 (ori).

    BalasHapus
  4. bang Titus saya mau nanya' nih...
    itu lubang udara pda otomat delco dibiarin gitu aja ato diberi selang ke karburator...?? setahu saya, dberi selang ke karburator tapi sya gak tahu masuk ke lubang karburator yang mna tuh?? soalnya kan ada 2 lubang, yang menghadap ke depan atau k samping.?? mhon bntuannya...

    BalasHapus
  5. Mohon maaf saya baru menjawab. Selang dari otomatis delco itu nyambung ke karburator. Lubangnya menghadap ke depan. Kalau selang yang disamping kanannya karburator itu masuk ke lubang kecil di atas tutup kop silinder..


    M Faizi (Titosdupolo)

    BalasHapus
  6. Terimakasih, di Tahun 2013 ini saya tengah menghadapi permasalahan tersebut dan beruntung masih ada catatan di blog ini. Sebenarnya mobil angkot TS120ss sudah tergolong tua / tahun 1991. jadi kadang susah mencari informasi di dunia maya karena kebanyakan informasi yg tersaji banyak mobil injeksi/mobil canggih.
    Dan semoga apa yg telah saya baca cukup memberikan informasi untuk memperbaiki stater mobil saya yg akhir2 ini agak rewel, juga kondisi mesin yg terlalu panas kalau menurut saya.

    BalasHapus
  7. @Slamet Widodo: kembali kasih, Mas Slamet. Saya senang Anda sudah membaca posting saya dan blog ini.

    M. Faizi (Titos dupolo)

    BalasHapus
  8. numpang nanya nie bang!!!!!kalau nyari pelek orinya dimana yaa aku ada di surabaya....terus ukuran standartnya berapa pelek tersebut...terima kasih banyak ...

    BalasHapus
  9. oh ya bang aku punya colt t taun 77 kondisi normal....selama 9thn menemani kemana aku pergi tanpa ada gangguan,aku makin sayang ama dia,,,dan pengen punya yang pick up... ada ndak ya yang punya colt t aku tukar ama hijet 1985 plat surabaya ndak apa2 walau surat2nya mati asal complit atau luar daerah ok2 aja... makasih bang ti..tos du..polo

    BalasHapus
  10. @Yudi: soal velg, saya tidak tahu di mana ada yang jual. Di Surabaya, tentu di Demak tempatnya, cuma entah dapat entah tidak kalau cari velg colt yang ori. Saya pake dari aslinya. Satu velg saya dapat di tukang tembel ban yang sudah saya pesan beberapa lama sebelumnya. Velg standar itu lingkar 13, tanpa bolong=bolong. Yang 13 tapi bolong-bolong itu mlik L300 bensin.

    @Soal Hijet, biar nanti saya kabari jika ada yang berminat dan saya tidak lupa :-))

    M. FAIZI aka Titos dupolo

    BalasHapus
  11. mas mohon maap otomat itu fungsinya buat apa,,

    BalasHapus
  12. @Yanz: katanya sih buat ngatur gas agar bisa menyesuaikan diri saat stasioner dan saat diinjak. saya kurang paham fungsil mekanikalnya secara pasti

    BalasHapus
  13. o gitu ya mas jadi ndak usah diganti batang delco tapi cukup cincin atau bos nya saja ya....
    jika batangnya yang diganti efeknya kira-kira apa mas?
    kalo otomat delco itu posisinya disebelah mana mas...
    terimakasih informasinya mas...

    BalasHapus
  14. @Gie: iya, itu sepengalaman saya. Silakan berkonsultasi dengan bengkel setempat jika diperlukan karena saya hanya berdasarkan pengalaman pribadi yang tidak ahli permesinan. Kalau otomatis delco yang saya tahu itu nempel ke delconya, mirip piring kecil itu

    BalasHapus
  15. Trimakasih infonya mas... salam ..

    BalasHapus
  16. Tanks infonya sangat membantu gan

    BalasHapus
  17. gie lee dan anto 0818: kembali kasih. senang jika memang begitu

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...