Pembaca

04 Maret 2012

Dinamo Starter dan Nostalgia


Lama sekali saya mengalami masalah dengan dinamo starter. Puncaknya, dinamo starter tidak bisa berfungsi lagi ketika masin dalam keadaan panas. Ini merupakan tanda bahwa dinamo starter “asli” milik Colt T 120 ini tidak dapat dipakai lagi. Setelah dibongkar, ternyata benar. Keadaan dinamo sudah penuh dengan solderan dan tampaknya sangat sulit diperbaiki. Akhirnya, saya putuskan untuk membeli yang baru saja. Akan tetapi, mencari suku cadang “asli” milik colt tentu minta ampun sulitnya. Sementara kalau saya harus mencari dinamo bekas di pasar loak, bisa jadi nanti tidak akan bertahan lama seperti yang sudah saya lakukan sebelumnya.

Sebelum mengganti dengan yang baru ini, dari seseorang saya mendapatkan info bahwa dinamo starter Toyota Hiace bisa dipasangkan pada colt. Namun, setelah saya minta pendapat, diperoleh kesimpulan bahwa sebaiknya saya membeli dinamo starter baru “untuk colt” saja, meskipun tidak “asli”, yakni dinamo starter yang menggunakan klaher dan gerigi 8. Dinamo bergerigi 8 ini akan menghasilkan putaran lebih cepat sehingga mesin bisa lebih cepat menyala.

“Berapa harga?”
“Rp.350.000!”
“Wow, kok mahal?” keluh saya.
Si “konsultan” itu menjawab, “Jangan tukar harga diri colt dengan Rp.350.000. Biar tua, sekali start sekiranya langusng nyala, cek-greng, gak usah pake uwek-uwek-uwek lebih dulu,” jawabnya sambil tertawa.

Betul apa yang dikatakannya. Sekarang, saat saya menyalakan dinamo starter, mesin akan langsung menjawab, langsung menyala, seperti starter pada Suzuki Carry yang terdengar gahar itu. Hanya saja, ada satu hal yang kini hilang. Ya, bunyi starter. Bunyi dinamo starter khas Colt T 120 yang mirip ringkikan kuda belia itu kini tidak dapat saya dengarkan lagi.

Terkadang, saya menyesal telah mengganti dinamo starter lawas dengan yang baru. Mengapa? Tak ada lagi alasan selain karena suara khas dinamo starter colt itu membawa kesan nostalgia. Betapa mahal harga nostalgia itu. Demi hal ini, nanti setelah saya punya uang, saya akan berusaha memperbaiki ulang dinamo starter yang rusak itu hingga ia benar-benar bisa digunakan kembali secara aman dan tahan panas. Sungguh, nostalgia tidak dapat tergantikan, juga tidak dapat dibeli.



8 komentar:

  1. kalau dynamo lama masih ada mungkin bisa coba di-spul ulang...
    atau dgn mengganti motornya saja, gearboxnya tetap sama (asal masih bgs)

    btw kl ga salah yg kecil nempel itu namanya switch starter ya?

    ^^

    BalasHapus
  2. Iya. Nanti saya akan coba mengusulkan cara ini kepada bengkel yang ahli. Terima kasih atas saran.

    Iya. Mungkin demikian.

    BalasHapus
  3. klo masalh bunyi khasnya,coba perhatikan gir pada dinamo stater,hitung jumlahnya.hal inilah yang berpengaruh pada bunyi dinamo stater,agar kembali suara khasnya,cb kanibal gir dinamo lawas ke yang baru.(bisa dicoba klo belum bertmu solusi,krna sepertinya sudah lama sekali.)

    BalasHapus
  4. Ya, saya masih pakai yang baru. Masih ada, sih, sebetulnya untuk mengembalikan ke starter lama agar kembali bernostalgia. Bolehlah nanti saya cek soal gerigi itu

    BalasHapus
  5. Mas kalo dinamo yg baru itu beli dimana? jadi penasaran mau coba.
    masih ada kah yg jual sekarang gtu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah tidak ingat lagi, Mas, sudah sangat lama itu

      Hapus
  6. Iya. Mas colt t 7i saya ada masalah di stater UIN Dinamonya
    Apakah brngnya ada di toko ?

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...