Pembaca

29 April 2013

Filter Oli untuk Colt


Beberapa waktu lalu, saya pernah mengalami masalah peredaran oli dalam mesin, yakni "oli tidak segera naik". Yang dimaksud dengan "oli tidak segera naik" ini adalah bahwa oli yang telah mengendap di calter (tempat oli di bawah; tempat membuang oli tap) tidak segera tersebar dengan baik ke atas atau ke semua penjuru mesin. Artinya, kerja pompa oli tidak maksimal.

Adapun ciri-ciri oli tidak segera naik ini biasanya ditandai dengan lampu "oil" (warna merah) terus menyala. Atau, bunyi mesin sangat kasar karena tidak segera ada pelumas. Saran: jika dalam 10-15 detik mesin menyala dan lampu juga menyala, matikan mesin. Jangan dipaksa karena ini berbahaya.

Ketika mobil telah didiamkan semalam atau selama beberapa hari, saat kita menyalakan mesin kembali, oli akan kembali terdistribusi. Mestinya, saat mesin menyala, lampu kontrol itu langsung mati sebagai penunjuk bahwa pompa oli telah bekerja, yaitu menaikkan oli yang mengendap di dasar calter kembali beredar ke seluruh mesin. Jika keadaannya tidak seperti ini, pompa oli atau filter oli Colt kita sedang bermasalah.

Saya merasa aneh pada hal ini karena ketika itu saya baru saja mengganti oli sekaligus ganti filter. Karena penasaran, saya kembali ke toko onderdil dan mencari "filter oli khusus colt T-120". Ternyata, suku cadang itu memang ada. Maklum, selama ini saya menggunakan filter milik L300 yang kebetulan juga bisa dipasangkan pada Colt T-120. Filter Colt T-120 yang saya beli bermerek "Sakura". Harganya pun setengah dari harga yang dipakai selama ini, yaitu filter oli milik L300.

Betul memang, setelah saya tanya kepada sesama pengguna Colt T, banyak filter oli Colt T120 yang menggunakan filter oli milik L300 karena terbukti pas dan bisa bekerja. Umumnya, orang menggunakan filter oli milik L300. Namun, rupanya, terkadang filter L300 tidak bekerja dengan baik pada Colt T-120. Mungkin karena secara bentuk, kedua filter ini memang berbeda; filter Colt lebih panjang, dan filter oli milik L300 lebih pendek.

Nah, setelah saya ganti filter oli dengan filter oli yang khusus colt, sekarang masalah itu tidak terjadi lagi. Saat menyalakan mesin, lampu kontrol langsung mati. Dengan begitu, suku cadang yang saya pasang telah bekerja dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kopdar Triwulan di Blitar

Jarak dari rumah saya ke Blitar itu jauh. Kesannya begitu, bahkan lebih jauh daripada perjalanan saya sebelumnya, ke Banyuwangi. Tapi, ini h...