Pembaca

03 April 2013

Membersihkan Karburator



Hari ini, selagi tidak ada kerjaan, saya membersihkan karburator Colt. Biasanya, karena alasan tidak ahli atau sibuk, saya melulu memasrahkan urusan semacam ini ke bengkel. Saya pikir, keuntungan membersihkan karburator sendiri, hal-hal yang oleh bengkel tidak dikerjakan, seperti membersihkan kotoran yang melekat pada bagian luar, bisa dilakukan sendiri. Adapun manfaat lainnya adalah belajar untuk tidak manja. Selebihnya, bagi saya, cara ini merupakan bentuk syukur karena punya sedikit pengetahuan yang tidak melulu diketahui, melainkan juga diterapkan.

Operasi membersihkan karburator, jika hanya sekadar membersihkan dan bukan mengganti suku cadang, biasanya hanya seputar pembersihan saluran bensin atau saluran udara. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membawa karburator yang sudah dilepas dari manifold ke tukang kompresor. Kita cukup meminta mereka menyemprot saluran-saluran pada karburator agar bersih, itu saja.

Hari ini saya punya pengalaman baru. Seseorang bernama Mondir (yang kebetulan juga seorang montir), memberitahu saya bahwa ada spray (tabung semprotan) yang dirancang khusus untuk membersihkan karburator. Saya pun membelinya dengan harga Rp 22.000. Meskipun si teman ini kasih tahu saya setelah saya baru saja membawa karburator tersebut ke tukang kompresor, saya tetap mencoba menyemprot ulang dengan spray tersebut. Walhasil, cairan cokelat kehitaman pun keluar. Saya beranggapan, semprotan ini cukup ampuh. Mungkin. Cairan kehitaman itu merupakan sisa kotoran yang tidak mampu dibersihkan oleh angin melalui kompresor.

Sempat sih saya kesulitan saat hendak memasang kembali karburotor itu. Namun, saya kira, salah pasang baut; salah peletakan; salah urut, dlsb, merupakan hal yang biasa bagi mereka yang tidak berpengalaman sebagai montir. Sabar dan telaten adalah kuncinya. Namun, beruntung, saya tidak mengalaminya. Setelah semua terpasang dengan baik dan mobil bisa dinyalakan dengan stasioner, sungguh saya merasa puas dan senang.

13 komentar:

  1. Nyaengnah muntasir?

    BalasHapus
  2. Setelah saya baca artikel2 yang anda tulis , pikiran saya jadi melayang jauh ke masa kanak2 dulu dimana saya dan keluarga selalu naik Colt T 120 TAHUN 1978 , milik Bapa saya (Alm), sungguh Colt 120 merupakan Mobil Sejarah dan Budaya keluarga Indonesia.
    Dan saya salut kepada Anda yang masih melestarikannya sampai saat ini.

    Terimakasih

    BalasHapus
  3. @Anonim: kita berteman sahaja, haha..

    @Slamet Budi Raharjo: terima kasih sudah sempat membaca artikel ini. Kendaraan ini masih terus saya rawat. Beberapa perjlanan saya yang berkesan, ya, saat naik mobil ini. Ceritanya juga ada di dalam blog ini. Salam.

    BalasHapus
  4. Salam kenal

    Mas....klu mau pake boster rem, cocoknya pake punya apa ya.......?
    Terima kasih

    BalasHapus
  5. @Sukandi Srikandi: saya belum pernah mengalaminya, Mas. Barangkali bisa pake L300, tapi mungkin harus mengubah beberapa hal. Kalau mau tanpa mengubah, konon--ini konon lho,ya--pake punya Hijet.

    Salam kembali,

    M. Faizi aka Titos Dupolo

    BalasHapus
  6. Asllmmlkm.....,,Maaf mas masalah sdh terselesaikan......dengan menggunakan boster rem L300 thn 81, sekarang rem nyaman di gunakan, tidak butuh tenaga extra lg untuk menginjaknya.......

    Mas klu harga untuk totok depan, pintu depan sama pintu tengah berapa ya.......klu boleh tau.

    Terimakasih wasalam

    BalasHapus
  7. @Sukandi Srikandi: Ooo, syukurlah jika demikian. Saya tidak tahu kalau totok depan, Mas. Dulu pernah saya baca komentar (kalau tak salah ingat( di blog ini yang bilang kalau di sekitar Demak Ijo di Yogyakarta ada yang jual.

    BalasHapus
  8. @Sukandi: Waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu.

    Sampe lupa menjawab salam :-)

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum,
    Ok mas.di bambu apus jakarta timur barang lg kosong, tinggal bogor blm saya ubek2 , colt sy mau di bangun ulang, jd sy butuh totok depan sama pintu2, masalah body bisa di bikin dgn selembar plat besi.

    Satu lagi nih mas, kenapa ya busi colt sy selalu kotor warna hitam kering, jd mesin brebet trs, dah sy bersihin mesin enak,tdk bgt lama brebet lg busi kotor lg, kira2 apa ya......?

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum,
    Ok mas.di bambu apus jakarta timur barang lg kosong, tinggal bogor blm saya ubek2 , colt sy mau di bangun ulang, jd sy butuh totok depan sama pintu2, masalah body bisa di bikin dgn selembar plat besi.

    Satu lagi nih mas, kenapa ya busi colt sy selalu kotor warna hitam kering, jd mesin brebet trs, dah sy bersihin mesin enak,tdk bgt lama brebet lg busi kotor lg, kira2 apa ya......?

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum,
    Ok mas.di bambu apus jakarta timur barang lg kosong, tinggal bogor blm saya ubek2 , colt sy mau di bangun ulang, jd sy butuh totok depan sama pintu2, masalah body bisa di bikin dgn selembar plat besi.

    Satu lagi nih mas, kenapa ya busi colt sy selalu kotor warna hitam kering, jd mesin brebet trs, dah sy bersihin mesin enak,tdk bgt lama brebet lg busi kotor lg, kira2 apa ya......?

    BalasHapus
  12. Wa alaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu, Mas Sukandi. Saya sih juga ingin mengelupas dempul mobil dan mengecat ulang, tapi duitnya itu yang gak ada. Hahaha.

    Kalau soal busi, selama busi tidak basah, saya kira kompresi masih bagus, Mas. Ya, penyebebanya paling-paling hanya urusan bensin. Saya masih ingat. Dulu, kalau kami pergi agak jauh, knalpot langsung berubah putih bersih. Sekarang, yang seperti itu sudah tidak terjadi lagi. Mungkin karena memang kualitas bensin, oktannya juga, sudah jauh turun kualitasnya daripada yang dulu.

    M. Faizi / Titos

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Kopdar Triwulan di Blitar

Jarak dari rumah saya ke Blitar itu jauh. Kesannya begitu, bahkan lebih jauh daripada perjalanan saya sebelumnya, ke Banyuwangi. Tapi, ini h...