Pembaca

20 Juli 2013

Lampu Kontrol Oli


Dalam perjalanan ke Pasar Keppo, hari ini, Sabtu 20 Juli 2013 pukul 9.00, kira-kira berjarak 22 kilometer dari tempat saya, kontrol lampu “OIL” tiba-tiba menyala merah pada KM 20. tentu, ini pertanda bahaya yang artinya, oli sedang tidak terdistribusi dengan baik. Dengan kata lain, mesin ada di bawah dan pompa tidak bekerja.

Menghadapi situasi seperti ini secara tiba-tiba, tentu saya segera mematikan kunci kontak, mematikan mesin, dan seera menepikan kendaraan. Lemas tubuh ini, apalagi memang sedang bulan puasa, siang-siang lagi. Saya membayangkan, kami akan buka calter dan mengambil pompa olinya lalu nyekur (meratakan permukaan pompa), memasangnya lagi, dan baru pompa akan normal kembali.

Ternyata, setelah saya sampaikan hal ini kepada Paman Farhan, paman yang pintar mesin Colt, dia bilang akan segera mendatangi saya di TKP dalam waktu singkat. Sementara itu, saya sedang berada di Pasar Keppon mengantarkan istri belanja.

“Mobil sudah beres,” mendadak Paman menelepon.
“Lo, maksudnya, Panjenengan sudah di ada di tempat?”
“Iya, ini sudah mau pulang. Mobilnya gak apa-apa, kok!”

Kami pun segera pergi dari pasar dengan angkutan umum, dan menjumpai paman karena urusan memang sudah selesai. Hanya 3 menit, saya sudah nyampe lokasi. Dari sana, kami pulang ke rumah. Di atas mobil, Paman Farhan menjelaskan kepada saya bahwa pompa oli tidak mungkin rusak mendadak. Kalau lampu menyala secara tiba-tiba dalam keadaan mobil berjalan normal, maka yang harus dicek pertama kali adalah delco. Jika itu beres, maka baru cek pompa olinya.

Rupanya, betul, ternyata, baut-baut delco Colt saya ini longgar semua, nyaris berlepasan. Astaga, dan untunglah, gara-gata lampu merah itu, akhirnya baut-baut kembali dikencangkan, beres. Mesin dinyalakan dan kami pun pulang. TIba di rumah, saya langsung menulis catatan ini.

4 komentar:

  1. Wah... Spedo nya masih cling ya pak :D klo sekarang cari yang baru gitu apa ada ya pak?

    BalasHapus
  2. Dedi Hendriyanto: kalau cari ke loak atau ke tampat mutilasi Colt, mungkin Anda bisa dapatkan itu mas. Tentu, syaratnya tidak boleh buru-buru. Kalau buru-buru, barang-barang loakan itu biasanya "sembunyi", hehe...

    M. Faizi (Titos Dupolo)

    BalasHapus
  3. Oke pak. Nanti saya coba cari info nya di daerah saya. :) klo lewat banyuwangi, jangan lupa mampir ya pak :)

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas tawaran, Mas dedi. Sungguh sudah lama sekali tidak ke Banyuwangi dengan Colt ini. Ini kisah saya...

    http://titosdupolo.blogspot.com/2010/08/etape-iii-jember-banyuwangi-situbondo.html

    BalasHapus

Kopdar Triwulan di Blitar

Jarak dari rumah saya ke Blitar itu jauh. Kesannya begitu, bahkan lebih jauh daripada perjalanan saya sebelumnya, ke Banyuwangi. Tapi, ini h...