Pembaca

02 Juli 2013

Karet Bodi dan Anting Pir


Salah satu hal yang membuat tongkrongan mobil tidak menarik adalah saat bagian depan lebih renah daripada bagian belakang. Kesan yang didapat oleh kita adalah ‘mendongak’. Mestinya, mobil itu harus lurus, rata, depan-belakang, bukan?

Hal ini saya alami pada Colt saat saya pertama kali membeli. Didapatkan informasi bahwa bagian belakang mobil jadi lebih rendah (mengakibatkan mobil seolah mendongak) disebabakan oleh beban berat mobil yang selama ini dibawa. Akibatnya, kelengkungan per mulai berkurang.

Apa yang saya lakukan ketika itu? Saya beli penopang per (bagian belakang; anting per) kelas imitasi, kemudian membawanya ke bengkel las untuk dibuat lebih panjang. Dengan begitu, bodi kembali terangkat dan tongkrongan mobil lebih baik dipandang. Namun, ternyata, hal ini membuat suspensi sedikit berubah, sedikit keras bila lewat jalan berlubang.

Saran lain saya terima: membawa per ke bengkel agar di-stel ulang sehingga per kembali melengkung dengan maksud agar saat dipasangkan kembali nanti, bodi mobil kembali terangkat ke posisi semula. Namun, cara ini tidak saya lakukan melainkan cukup dengan mengganjal bodi dengan karet bodi yang baru. Setelah diperhatikan, ternyata benar, karet bodi yang  lama sudah tipis. Maka, saya belikan karet bodi buatan tangan (berasal dari ban bekas; buatan pabrik umumnya mahal dan sulit didapat). Harga satuannya hanya Rp.1500.


6 komentar:

  1. apa ga lepas ya kalo ditaruh gitu aja

    BalasHapus
  2. Dulu kakak saya punya colt T120 (yang di daerah saya disebut colt mini) dan karena alasan kurang mencerminkan status sang empunya (alasan yg bagi saya sangat tidak masuk akal) mobil itu pun dijual dan diganti dengan kijang (yg menurut saya juga tidak mencerminkan apa2, haha)..
    Selamat bagi anda yg masih punya mobil keluarga ternyaman ini, saya pengin punya tp duit belum ada...
    Semoga suatu saat bisa...

    BalasHapus
  3. @Heri: enggak, Mas, kan ada mur+bautnya. Cuma memang kalau bajakan seperti itu jelas cepat rusak

    @Agus Uan: terima kasih sudah bertandang ke blog ini. Saya berdoa semoga Anda segera kesampaiam juga mendapatkannya, hehe... saya dulu beli 17,5 juta, Mas...

    M. Faizi (Titos Dupolo)

    BalasHapus
  4. Terima kasih doanya...
    Amiin ya robbal'alaamiin...

    BalasHapus
  5. Update lagi mas...

    BalasHapus
  6. Posting setelah tema ini, karet anting, masih ada kok, yakni soal lampu kontrol oli. Coba Anda cek di tombol paling bawah di halaman ini = << Home

    BalasHapus

Kopdar Triwulan di Blitar

Jarak dari rumah saya ke Blitar itu jauh. Kesannya begitu, bahkan lebih jauh daripada perjalanan saya sebelumnya, ke Banyuwangi. Tapi, ini h...