Pembaca

09 Maret 2017

Cikal-Bakal dan Perkembangan Grup Colt T120


Dalam catatan saya, perbincangan seputar Mitsubishi Colt T-120 (klasik) mula-mula ramai dibicarakan sejak munculnya sebuah artikel pendek di sebuah blog milik Pak Yusuf R. Artikel tersebut berjudul ‘Colt T-120’, berdatum terbit 12 Juni 2007. Hanya ada dua artikel di blog tersebut, bahkan artikel satunya muncul 3 tahun berikutnya, yakni 2011. Namun, komentar demi komentar di terbitan pertamanya terus bermunculan hingga hari ini.

Saya menduga, yang membuat diskusi antar-pengunjung begitu semarak di blog tersebut adalah karena mereka memiliki keinginan yang sama: mencari referensi seputar Mitsubishi Colt T120 dan tidak menemukan data apa pun di internet hingga akhirnya muncul catatan dimaksud. Hal demikian juga saya alami. Selama beberapa waktu mencari referensi tentang Colt tetapi tidak menemukan apa-apa hingga akhirnya saya menemukan “kerumunan” orang di kolom komentar di blog itu. Maka, tak heran jika blog itu menjadi ramai sekali tamunya.

Barangkali, berdasar atas antusiasme para pengunjung di blog itu, berikutnya, Tarcisius Wintoro (informasi ini saya dapatkan dari Mas Hertanto Wibowo) kemudian membuat mailing list (tempat berdiskusi dan berbagi email) di Yahoo!Groups untuk para penggemar Colt. Alasannya adalah agar para penggemar Colt menemukan tempat diskusi yang lebih efektif dan hanya tertuju seputar “Colt T120 klasik” (keluaran dekade 1971-1980), bukan yang “Colt generasi baru” (Colt T120 SS).

Di awal-awal dibentuk milist ini, diskusinya lumayan aktif.  Sayangnya, grup yang didirikan pada 11 April 2008 ini hanya memiliki anggota 128 saja dan gairahnya pun pelan-pelan menyusut. Dugaan saya, tidak banyak anggota atau orang umum yang terbiasa mengakses email untuk berdiskusi. Puncaknya, sejak adanya ledakan Facebook di kisaran tahun 2008-2009, milist di Yahoo!Group semakin ditinggalkan.

Dan jika tidak salah, pada tahun 2009, Dede Dian, salah seorang penggemar Colt dari Jawa Barat, membuat grup khusus para penggemar Colt T120 di Facebook. Posting pertama adalah foto Colt-nya. Dan inilah grup diskusi khusus Colt T120 yang terus bertahan serta paling aktif hingga saat ini. Sayangnya, baik Bapak Yusuf (pemilik blog pertama), Pak Tarcisius (pendiri Mailinglist Colt), maupun Mas Dede Dian, semuanya sudah tidak aktif lagi. Hal ini dibuktikan dengan tidak adanya terbitan lagi di blog itu, terbengkalainya milist, serta non-aktifnya akun Dede Dian dari Facebook dan juga dari grup Colt.

Berkat adanya grup-grup di atas, saya pun pernah merasakan “kopi darat” (bertatap muka secara langsung) dengan beberapa punggawa grup meskipun secara terbatas, baik di luar Madura (tempat tinggal saya), ataupun kunjungan kawan dari luar yang datang ke kediaman saya. Lebih dari itu, saya dapat bertukar informasi dan ilmu, terutama seputar Colt T120, juga mendapatkan onderdil dan suku cadang yang (mulai) sulit ditemukan, dll, Di atas itu semua, saya merasakan betapa silaturrahmi dan persahabatan sebetulnya juga dapat dibangun dari sana.


TAMBAHAN :

Terima kasih untuk Bapak Hertanto Wibowo dan Arkadius Anggalih atas tambahan informasi
Ini adalah tautan yang terhubung ke Dede Dian (sementara, saat artikel ini ditulis, tautan tidak aktif)
Ini adalah tautan ke terbitan pertama milist Coltmania @ yahoogroups.com
Ini adalah tautan ke salah satu terbitan lawas album foto di grup Colt Facebook
Dan ini juga tautan ke salah satu terbitan Dede Dian (sementara, saat artikel ini ditulis, tautan tidak aktif)
link tidak aktif)

Semoga bermanfaat
Salam,

M. Faizi (penulis dan pemilik blog ini: titosdupolo)



9 komentar:

  1. Mantap pak,,,ini plajaran sejarah, hhh, rocky pak

    BalasHapus
  2. BAIK, Rocky. Terima kasih sudah membaca

    BalasHapus
  3. Bagus pak artikelnya jadi salahsatu millestone grouo colt. Lestari colt.

    BalasHapus
  4. waktu itu hp masih hitam putih,kalau mau komen diblog harus lari ke warnet,oh ya tentang milist yahoo.coltmania tdk banyak membernya karena utk masuk ke milist katanya susah..

    BalasHapus
  5. @Forx2001: ya, senang jika begitu

    @Mas Hert: betul, memang agak susah kalau pakai ponsel atau pakai PC tapi jaringannya lelet, mikin males

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, salam kenal. Saya Yusuf R. Kesibukan dan Aktivitas saya waktu itu membuat blog saya terbengkalai. Untungnya ada Bapak M.Faizi, Artikel dan tulisan Bapak meramaikan dan membawa kembali sejarah dan kejayaan Colt T-120. Beberapa waktu yg lalu, sy lht di media sosial, salah satu saudara kami dari MR.MC Malang telah bertemu dengan Bapak. Semoga dalam waktu dekat kita bisa bertemu.

    BalasHapus
  7. Terima kasih sudah bertandang kemari, Mas Yusuf

    salam

    M. Faizi

    BalasHapus
  8. Ass.. salam kenal bapak2 apakah saya dipernankan gabung untuk mendapatkan pencerahan ttg mobil lt 120 ss..

    BalasHapus
  9. @Anonim: wa alaikumussalam. Kalau T120 SS mungkin saya kurang tahu, Mas. Namun tidak menutup kemungkinan rekan yang lain

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...