Beberapa hari yang lalu, Colt saya tiba-tiba kehilangan
daya. Di tanjakan terjal, Colt nyaris tak mampu naik. Ketika mesin idle,
suaranya seperti helikopter. Saya curiga, ini busi saatnya dingati.
Maka, esok harinya, saya beli busi sebungkus, isi empat. Setelah
dipasang, ternyata reaksi tetap saja. Busi dicopot dan mesin tetap hidup.
Waduh, apalagi ini? Saya bingung karena tidak tahu harus berbuat apa.
Kata paman, mungkin klep harus diratakan lagi. Benar,
ternyata klep sudah perlu diratakan lagi dan secara kebetulan push rod-nya
sudah ceking tanda sangat lama bekerja. Saya jadi tahu sekarang, mengapa dalam
waktu yang lalu, fiber yang memagari push rod itu seringkali retak. Rupanya,
ini dia masalahnya. Push rod bergerak terlalu melebar sehingga kena ke
fibernya.
Maka, setelah diganti push rod yang harga ecerannya Rp
20.000 per batang (butuh 8 batang kalau mau diganti semua), Colt kembali
bertenaga, kembali berjaya.
Catatan: merek OSK lebih bagus, lebih keras dan lebih berat.
Harga 130.000 isi 4 batang.
Yang di maksud riber push ros itu apa ya gan ?
BalasHapusYg ngunci posisi push rod..
BalasHapus