Pembaca

10 Maret 2013

Tromol


Sebetulnya, dengan pemakaian normal dan benar, tromol rem mungkin tidak perlu diganti, bahkan hingga mobil mangkrak dan tidak digunakan lagi. Tromol rusak bermula dari kampas (kanvas) pada ‘sepatu rem’ yang terkikis habis. Jika kanvas tipis lalu tak tersisa, maka tromol akan rusak/tergurat oleh besi yang menjadi pelapis kanvasnya. Setelah permukaan tromol tergurat, itu artinya pengereman tidak bekerja maksimal kembali.

Ini saya alami pada tromol belakang Colt. Tidak merasa pakem pada kerja pengereman, akhirnya roda belakang dibongkar. Ditemukanlah masalah itu. Ternyata,  tromol sudah aus, mengalami guratan serius (tiga lapis). Dipakai sih mungkin bisa, tetapi karena rem dan pengeraman itu berhubungan langsung dengan keselamatan, dengan nyawa, saya tidak mau berspekulasi. Tromol harus diganti.

Mencari suku cadang Colt, apalagi yang asli, di zaman sekarang tidaklah mudah. Untunglah, setelah saya mencari suku cadang di Toko Samudera, Pamekasan, saya pun mendapat sepasang tromol untuk roda belakang. Begitu tanya penjaga, dia langsung mengernyitkan kening dan menyatakan bahwa yang tersisa di gudangnya tinggallah yang asli.

“Yang ada tinggal yang asli.”
Mang berapa harganya?”
“Mahal.”
“Ya, mahal itu berapa?
“500-an.”
“Itu sepasang?”
“Enggak, satu saja.: Dia diam sesaat lalu  menambahkan, “Kalau mau tahu harga yang pasti, tunggu saya tanya dulu harganya.”

Petugas itu lalu bertanya kepada si pemilik toko yang menjadi kasir, seorang ibu tua keturunan Tionghoa. Saya lihat, lama sekali si ibu ini membuka buku indeks harga suku cadang yang ada di mejanya itu. Berkisar hampir 5 menitan, barulah ditemukan bahwa harga tromol Colt T-120 itu, ‘dulu’, adalah 391.000 sebuah. Atas dasar ini, saya butuh uang 800 ribu lebih.
Dalam hati, saya berdoa agar si penjual ini terketuk hatinya untuk melepas barang yang bertahun-tahun tak lalu dan merupakan stok terakhir itu. Saya berdoa agar harga turun seredah-redahnaya. Ya, begitulah kira-kira doa kebanyakan para pembali. “Ya Tuhan, berikanlah petunjukan bagi penjual ini agar mereka sadar bahwa pembeli barang seperti ini sudah sangat langka. Buatlah harga itu murah adanya.”

“Kalau Anda mau, saya kasih buka dengan harga 238.000, tapi bayar sekarang. Kalau besok atau kapan, saya tidak menjamin harganya akan tetap.”
Tanpa diancam pun, saya jelas akan membeli tromol itu. Maka, tanpa sadar saya bilang, kok kado murah banget jika harga sebelumnya nyaris 400 ribu(?). Maka, tak pelak lagiu, saya berkata kepada penjaga: “Bungkuuuuus!”




22 komentar:

  1. Hallo pak Faizi apa kabar??........wah mantab banget bisa ngedapetin tutup tromol-nya dan yang pasti asli, oya pak jangan lupa lhoo...di cek-kin ke tukang bubut dulu saya dulu punya pengalaman lubang dalemnya tdk centre sehingga harus di "dial indicator" dan di bubut lagi ( maaf nii bagi pengalaman )
    Saya lihat rubrik "ARNAW -nya " jadi ngingatkan kesukaan saya
    ngumpul bareng e e e ada duriannya!! kalau di saya sekarang makan duren dengan kopi pak wah....mantap , ada tempat kusus di daerah serang tepatnya di Baros ada jual durian dengan kopi kas Pak Haji Arif.........promosi boleh kan pak faizi, siapa tahu ada jalan ke serang jadi bisa mampir...

    salam untuk semuanya bambang

    BalasHapus
  2. Pak Bambang: terima kasih sudah memberikan saran tentang yang satu ini. Perangkat itu sudah saya pasangkan ke Colt, jadi bagaimana kalau harus dicek ke tukang bubut dulu? Dicopot lagi, kan? BAiklah, saya mau ambil "langkah sementara" itu dengan bertanya: kira-kira, kalau lubang dalemnya tidak centre itu berdampakl seperti apa? Apa yang akan kita rasakan saat mengemudi?

    Soal Arnaw itu, ya, memang sangat senang karena silaturrahmi plus makan-makan durian. Kopi durian saya pernah buat sendiri, dulu. Rasanya bikin perut rame, hahaha...

    BalasHapus
  3. Pak Faizi mengenai gejala tdk centre-nya kalau di colt saya dulu Waktu di rem kaki naik turun....ndredettt gitu dan waktu di buka warna di dalam tidak rata=>" Gelam dan terang " seperti bukunya ibu kita Kartini saja..he.he.he trimaksih..

    BalasHapus
  4. Assalamu'alaikum
    Pak Titus salam kenal, saya Rudy, Pak saya punya Colt T Pick Up tahun 79, yang saya saya mau tanyakan kenapa setirannya pada Colt T saya berat dan kayak mbaluh, apa penyebabnya
    Makasih banyak
    Wassalamu'alaikum

    BalasHapus
  5. @BAmbang: iya, Pak Bambang. Ternyata tromol yang saya gunakan baik-baik saja sampai sekarang. jadi, sepertinya itu memang ori dan pas di kaki Colt, hehe...

    @Mas Anonim, saya tidak tahu apa itu penyebabnya. Saya belum pernah mengalami hal itu. Namun, sementara dugaan saya adalah karet pada ruas persendian kemudinya yang harus dicek. Sementara saya pake ban semi, jadi tidak terlalu berat. Kalau pake velg/ban racing memang agak berat. Betitu kata orang-orang yang saya tahu

    BalasHapus
  6. Mas Anonim: lupa saya jawab salamnya,

    "waalaikumus salam wa rahmatullahi wa barakatuhu.."

    M. Faizi aka Titosdupolo

    BalasHapus
  7. Pak Titos Terimakasih, cb nanti aku cek karet pada ruasnya

    Rudy

    BalasHapus
  8. Oh, ya, jangan lupa cek boremnya, siapa tahu sudah mulai aus dan rusak.

    BalasHapus
  9. Pak faizi, saya dan colt t baru kecelakaan kemarin, saat mengerem tiba2 rem nya hilang. Itu knp ya pak? Oiya, merakit kembali rem tangan kira2 habis biaya sampai brp ya?

    BalasHapus
  10. @Dedi Hendriyanto: saya tidak tahu karerena tidak pernah mengalami kejadian seperti itu. Semoga tidak mengalami dan Anda juga tidak mengalaminya lagi. Agak aneh kalau rem Colt bisa ngelos begitu, kecuali Anda mungkin sudah pakai booster (bukan bawaan asli dari Colt). Saya tidak tahu, Mas...

    Kalau rem tangan kata kawan, kawatnya sekitar 300-an ribu. Masalahnya, cari kawatnya itu agak sulit.

    M. Faizi aka Titos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kalau pakai booster atau apa gt saya krg paham pak. Sepertinya itu masih asli cm minus rem tangan. -.-

      Oiya pak, sekedar tanya nih. Bisa ga ya sistem rem nya diganti cakram punya L300 :)

      Hapus
  11. @Dedi: makanya, saya agak heran kalau tiba-tiba remnya bisa hilang begitu. setahu saya, rem colt itu manual sekali tanpa bantuan mesin.

    Kalau diganti cakram L300 itu nanti roda jadi ring 14, jadi tambah besar. Kalau mau tetap 13 tapi lubang baut tetap ada 5 agak sulit karena setahu saya cuma Holden lawas yang seperti itu. Silakan tanya yang lain mungkin ada yang tahu... Dengan tatap ring 13 dan lubang baut tetap ada 15, maka orisinalitas masih tampak kelihatan nyata :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat kabar dr bengkel katanya karet nya ada bbrp yg rusak. Tp kok dr kmrn tdk ada minyak rem yg rembes ya? Aneh -.-

      Oiya mas, lampu chg itu kenapa ya kok nyala redup, kalo pakai lampu sein dobel sama utk jalan malem. Dan biasanya kalo gas d injak jd skdt lbh terang (meski msh termasuk redup) dan klo lepas gas wktu lampu merah misalnya, chg nya jd makin redup dan kadang sampai mati, tp bgtu d gas nyala lagi.

      Hapus
  12. @Dedi Hendriyanto: maaf, Mas, saya baru membalas. Saya juga baru saja mengalami masalah rem cukup lama. Ganti karet semua sudah. Masih saja rem tidak beres dan terasa nyangkut ke tromol. Menurut bengkel, kawatnya sudah lemah dan diperpendek lagi sama dia sehingga sekarang bekerja lebih normal karena kawat sudah keras.

    Soal lampu CHG, kemungkinan ada korsleting, Mas. Cuma, ya, korsleting itu sungguh masalah yang ruwet karena berhubungan dengan banyak kabel

    M. Faizi/Titos

    BalasHapus
  13. Mau tanya nih pak
    Kalo L300 saya permasalahannya ada di pengereman
    Saat di rem, mobil bergetar
    Kayaknya sebelah kiri yg bermasalah
    Dah dicek silinder, selang jg normal
    Drum(tromol) jg sdh di bubut
    Tp kok masih ttp aja
    Kira2 knp ya ???

    BalasHapus
  14. Mas Chusnan: kebetulan sekali saya dulu pernah merawat L300 bensin milik kakek selama berapa tahun. Dan keluhan sungguh sama dengan Anda. Hingga kini saya tidak tahu mengapa kok tetap begitu. Biasanya itu terjadi kalau pas baru jalan. Kalau sudah panas tromolnya malah mendingan.

    M Faizi aka Titosdupolo

    BalasHapus
  15. Kalo nyari yg ori atau yg kw dimana y pak ... saya perlu 4 buah tromol nih ... pusing nyari di wonogiri susah nya minta ampun ... hmmms

    BalasHapus
  16. Kalo nyari yg ori atau yg kw dimana y pak ... saya perlu 4 buah tromol nih ... pusing nyari di wonogiri susah nya minta ampun ... hmmms

    BalasHapus
  17. Saya kurang tahu kalau di daerah sana, Mas agus

    @M. Faizi /aka Titosdupolo

    BalasHapus
  18. Colt udah lawas susah suku cadangnya

    BalasHapus
  19. banyak sih suku cadangnya, kalau yg ori hrganya bisa 3x lipat

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...