Pembaca

19 November 2011

Kelistrikan Pada Colt T 120


Salah satu kelemahan Colt T 120 adalah bidang kelistrikannya. Kelistrikan yang diatur oleh cut-out (ket-ot) sering bermasalah. Jika kita bawa mobil ke bengkel, mereka terkadang mengutak-atik cut out tersebut jika supply ke aki dianggapnya terlalu besar (bau angus dan aki cepat jebol) atau terlalu kecil (bikin strum kurang). Untuk mengontrol arus ini, terkadang kita memasang panel untuk kontrol arus dari dinamo ampere ke aki. Namun, sialnya, pemasangan kontrol ini justru sering menjadi masalah besar seperti yang pernah saya alami, yaitu adanya korsleting karena pemasangan kabel kurang rapi mengignat arus yang dilewatinya sangatlah besar.

Nah, untuk menyiasai hal itu, saya menggunakan dinamo amper ic. Saya tidak tahu dinamo yang saya pasang ini milik kendaraan jenis apa. Kata si tukang jual di loak, dinamo ini milik Daihatsu Zebra. Dengannya, saya merasa kelistrikan colt T saya ini sekarang lebih stabil; starter lebih kuat karena aki selalu terisi penuh; lampu lebih terang.

Namun, untuk pemakaian ini, saya harus menipiskan sedikit pegangan dinamo ampere tersebut dengan gerinda karena terlalu tebal. Setelah diatur sedemikian rupa sumbu mur-bautnya, akhirnya pemasangan selesai. Kelistrikan pada colt ini sekarang tidak perlu memasang cut-out lagi. Silakan mencoba.

32 komentar:

  1. Kalau menurut yg saya alami, dinamo colt tidak punya masalah, saya punya sejak th 81 sampe sekarang masih segar, cuma yg biasa aus di roda lahar aja (wajar). dr dulu saya rata2 pake beban lampu yg banyak dan tdk pernah bermasalah.
    untuk pemakaian ampermeter jika tidak safety akan berbahaya, saya usulkan tidak memakainya, karena jika kabel tidak sesuai beban atau tidak rapi berbahaya sekali.

    benny padang

    BalasHapus
  2. Benny: benar seperti yang Anda katakan. Sebetulnya, dinamo ampere colt itu bagus dan sudah stabil untuk kelistrikan yang dibutuhkan, tetapi yang sering jadi sumber masalah itu pada pengaturan supli di cut-out, ini pendapat yang saya terima. Saya pernah mengalami ketidaknyamanan ini karena suplai kurang banter, cut-out diperbesar dan akai jadi bau angus. ya, sudah pasti, akinya cepat jebol.

    BalasHapus
  3. wow, muter2 akhirnya dpt jg yg bahas colt, salam kenal, saya bambang, saya punya warisan colt th 80 dr bkp saya, jika tdk dpake 2 ato 3 hari sering aki hilang strum, sempet saya dengar katanya pake IC ngisinya lebih cepat dan bagus dibandingkan dgn yg bawaan, kira2 menurut agan2 gimana? trus kalo mau pasang AC bisa g y mobil ini? terimakasih sebelumnya
    pakbambs@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Menurut saya, selama dinamo amepere itu sehat, saya kira bisa pakai dinamo amepre bawaan. cuma punya saya diganti dengan IC karena yang lama sudah mulai rusak dan dapat dinamo IC bekas yang murah.

    Pakai AC? Ada teman saya yang menggunakannya. saya juga ditawari untuk menggunakan AC, tetapi saya agak sungkan karena AC itu membuat kinerja mesin semakin berat. Kalau cuma menyiasati kelistrikan, dengan menggunakan kompresor AC milik S. Carry, misalnya, kita juga sudah cukup cari dinamo ampere IC yang tidak terlalu besar. Namun, jika pakai dua blower, nah, mungkin akan timbul masalah. Danamo ampere harus baru.

    BalasHapus
  6. Salam Kenal pak, saya juga punya tumpangan colt t120 tahun 76 tapi tumpangannya nggak kalah sama mobil keluaran terbaru dan alhamdulillah anak2 juga senang kalo jalan2 pake colt ini, rasanya bebas nggak sempit(bikin kaki nggak capek, sebelumnya mohon intip2 blog titos ya,makasih

    BalasHapus
  7. Anonim: terima kasih sudah mau membaca catatan-catatan saya. Sebagian lagi ada yang berupa catatan perjalanan. Jika Anda berangkat dari Google, carilah dengan kata kunci "Titos Etape", soalnya saya belum dapat menambahakn widget mesin pencari pada blog ini karena masih menggunakan template klasik

    BalasHapus
  8. Salam Kenal Untuk Ssemuanya :)

    BalasHapus
  9. Salam kenal,sy juga punya colt '81,dinamo amper msh tetap bawaan cuma ktk sy pasang flasher solid state/elektronik tdk mau berkedip saat mesin dihidupkan jdnya sy pasang IC regulator 7809 di dlm flashernya,mgkn kl dignti dinamo amper IC flasher bs lgsg dipk.Kl dinamo starter dalemnya sy gnti punya corona(kata tukang dinamonya)jdnya kl distater jreeeng....enteng.Di bagian pengapian sy pk CDI buatan sendiri dengan tetap menggunakan platina sbg pulsernya mirip CDI Flash,keuntungan tetap menggunakan platina bila terjadi kerusakan CDI pd saat yg tdk menguntunkan kita bs melakukan uninstall ke sistem platina dgn cepat.CDI Flash sprtinya jg bagus.thx!

    BalasHapus
  10. Terima kasih sudah berbagi pengalaman, Mas Totok. Inforamsi dari Anda ini jelas sangat bermanfaat bagi saya juga bagi pembaca yang lain

    BalasHapus
  11. salam kenal semuanya ada yg jual hand rem komplet colt nggak?
    ama sepion asli,bisa hub saya di rah_dede@yahoo.com

    BalasHapus
  12. agan2 yang terhormat, saya mau minta tolong bantuannya, barang kali bisa membantu saya.

    mobil bapak saya sudah 5 kali ganti aki, sudah kebengkel dinamo, masih aja berat di starter, padahal aki baru dan dinamo sudah diganti Cool Brush-nya.

    mohon agan2 beri informasinya

    BalasHapus
  13. kalau sudah begitu, berarti cek roda gilanya, karena setahu saya, dianomo staerter itu menggerakklan roda gila. wah, sayang sekali sampai 5 kali ganti aki. tidak masuk akal rasanya kalau aki baru dan starter tidak menyala kontan.

    tapi, ada kemungkinan juga:
    1. jangan-jangan, arus yang keluar di kabel yang menyambung ke dinamo itu kecil (karena gagguan kabel lapuk atau apa...)

    2. stelan delco-nya nggak pas

    3. seperti yang saya sampaikan di atas, semua beres, tapi ada masalah pada roda gila. tapi, ya, entahlah. saya bukan mekanik tapi hanya pemakai, Mas. Semoga teman yang lain ada yang bisa menambahkan

    BalasHapus
  14. Salam kenal, saya ada colt t120 modif vw. Tapi balack depannya kena. Ada yang tau harga balack depan gak? makasih infonya.

    BalasHapus
  15. @Syaiful Arifin: saya sendiri kurang tahu, barangkali ada kawan kawan lain yang tahu

    BalasHapus
  16. Slm kenal saya punya t120 minibus setiap kali hidupkan audio saat lg jalan strum akinya berkurang apa penyebabnya di dinamo amper.. mohon info

    BalasHapus
  17. Salam kenal.... Saya mau nanyain apakah dinamo jalan punya t120 ss injection bisa d pasang ke t120 karburatpr ngga.? Soalnya ada perbedaan d soket kabel, kalo bisa.. Saya minta tolong agar bisa d kasih tau cara merobah kabel dan cara masangnya. Terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  18. salam kenal saya pendaki, mobil saya t12oss minibus tahun 2000, sbenernya sudah ada ac single, tapi kok ac gak dingin, sudah isi freon sekalian bersihin kata bengkel acnya, tetep ga dingin, malah kalau ac on temperatur mesin cepet naik, ini kenapa ya? mohon pencerahan

    BalasHapus
  19. Salam knl agan2,bs bantuin saya ngk..?
    Saya punya colt120ss 2015.
    Keluhan saya ketika sya stater di busi tdk ada percikan api,apa yg hrs sy lakukan lgi gan.?

    BalasHapus
  20. Mohon masukannya gan.mbl saya ss t120 lampu dekat dan jauhnya mati.lampu serinya sih nyala kira2 apa ya gan.sikring bagus

    BalasHapus
  21. Gan saya mau tanya
    Mobil colt t120ss yg udh injeksion ga ada pengapian ke koil dri cdi mh ada
    Tpi cuma koil yg atas doang yg ga ada koil bawah ada
    Mobil jadi pincang suara nya
    Koil udh ganti yang baru
    Solusi nya gan

    BalasHapus
  22. Saya mau tanya gan
    Saya udh ke bingungan
    Mobil colt t120ss yg udh injeksion
    Pengapian ke busi nya ga ada
    Tpi koil yang atas doang
    Koil bawah mh hidup
    Tpi mobil jadi pincang
    Koil mh udh baru
    Solusi nya gan

    BalasHapus
  23. @Udyn Saty: kemungkinan memang dinamo ampere

    @Lain-Lain: saya kurang tahu kalau T120 ss, Mas. Ini Colt T120 klasik soalnya

    BalasHapus
  24. salam kenal..... saya punya Mitsubishi Colt T120SS Model Langka... namun bermasalah pada klakson yg tdk dpt berbunyi pada saat berjalan tp saat berhenti dpt berbunyi,,,, dan saya juga mau tanya biaya untuk memperbaiki AC nya dan kerapatan pintu mobil....

    Terimakasih...

    BalasHapus
  25. numpang nanya gan,,apa penyebab lampu dasboard mati total,,sedangkan akki dan sekring baru ganti

    BalasHapus
  26. Tukar pikiran gan, kl mobil colt ss injeksi bisa ga di robah ic nya, dan mohon pencerahan nya untuk kabel yg ke soket itu pungsi nya apa saja trimah kasih sebelumnya

    BalasHapus
  27. semua udah pada bru CDI baru tetep ke busi engga ada percikan apa nya .....

    BalasHapus
  28. Numpang tanya boz...kenapa mobil saya kalau habis dicopot accunya sering mati" sendiri...bagaimana solusinya...mobil t120 ss...makaaih.

    BalasHapus
  29. Salam kenal, saya jg punya masalah pada t120ss injeksi, barang kali ada yg bisa bantu,
    Mohon pencerahannya, masalah nya relay check engine tidak berfungsi, yg akhirnya lampu cek engine tidakmenyala dan tidak mesin tidak bisa bunyi, sudahganti relay 2 kali tetap saja tidak bisa, kalau relay nya di lepas dan kabel nya di jumper baru bisa nyala tapi bunyi mesin tidak normal,
    Sudah saya urut semua kabel dari ECU ke relay bahkan ke semua sensor tidak ada yang putus,
    Sekali lagi mohon solusinya,

    BalasHapus
  30. Salam knal dari bangkalan sesama hobi colt

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...