Pembaca

26 Juni 2010

Kipas Radiator dan Panas Mesin

Karena alasan ingin kondisi mesin colt T 120 lebih dingin, saya mengganti kipas radiator yang standar (5 daun), dengan kipas modifikasi 7 daun. Maksudnya, dengan kipas berdaun 7, meskipun kerja mesin lebih sedikit berat, sirkulasi air dalam sarang tawon (radiator) akan lebih baik. Belakangan saya tahu, bahwa mesin sehat itu tidak identik dengan kondisi mesin akan selalu dingin. Sebab, panas mesin telah disesuaikan dengan fungsi pembakaran bensin.


Setelah kipas berdaun 7 itu saya pasang, ternyata hanya sedikit sekali pengaruhanya. Penunjuk temperatur mesin tetap panas. Jika menempuh jalanan menanjak selama 3 kilometer, temperatur menunjuk ke angka 80-90o celcius. Apakah karena switch temperatur yang rusak, radiator mampet, selang/ hose radiator yang kotor, water pump yang karatan, dan filter udara yang dekil? Saya terus mencari tahu. Belakangan ditemukan jawabannya. Yang menjadikan kondisi mesin kembali stabil adalah keseimbangan karburator dan setelan platinanya.


Namun, karena kipas imitasi yang saya beli seharga Rp15.000 dan berbahan baku mirip plastik daur ulang itu terlambat saya copot untuk diganti dengan kipas yang asli, ia memakan korban. Saat digas dalam RPM tinggi, kipas patah dan hancur berkeping-keping. Sialnya, pecahan kipas melukai radiator. Akibatnya, saya harus membawa radiator yang semula aman-aman saja itu ke bengkel. Walhasil, gunakan suku cadang yang asli.


63 komentar:

  1. waduh kasusnya sama dengan punyakku pak...
    akhir2 ini panas... tapi belum tak benerin
    kalo pergi2 pagi/sore/malam sekalian....
    salam kenal

    BalasHapus
  2. Ya, bisa dicek stu per satu; selang, radiator, atau bahkan mungkin stelan kelepnya.

    BalasHapus
  3. salam sejahtera bagi kita semua
    kondisi awal sama sepeti colt saya, termo air selalu lebih dari 100 derajat, kemudian saya modifikasi memakai radiator punya jib hard tob yang memiliki 5 lubang air, yang berarti juga akan semakin banyak menampung air, sekarang panas mesin sekitaran 50 --- 80 derajat aja, silahkan di coba :)

    BalasHapus
  4. salam sejahtera bagi kita semua
    kondisi awal sama sepeti colt saya, termo air selalu lebih dari 100 derajat, kemudian saya modifikasi memakai radiator punya jib hard tob yang memiliki 5 lubang air, yang berarti juga akan semakin banyak menampung air, sekarang panas mesin sekitaran 50 --- 80 derajat aja, silahkan di coba :)

    BalasHapus
  5. Mas Arie, alhamdulillah. sekarang sudah normal. Ternyata bukan masalah kipas, tetapi setelan...

    BalasHapus
  6. mas kenalin i odi di pekalongan punya colt t juga kira kira 5 bulan. mobil dah pake ac, temperatur tak kasih collant kok panas ya. padahal waktu air biasa malah penunjuk dibawah garis pertama dari bawah ngapain ya mas. tanya juga nih bagaimana nyetel platina soalnya biasanya bengkel sih.

    BalasHapus
  7. Mas Odi, saya tidak tahu bagaimana cara menyetel platina, kaena sebetulnya ada ukuran khusus dengan menggunakan lempengan sejenis penggaris. tapi, taksiraannya hanya setiupis kertas saja.

    Ya, saya tidak pernah pakai coolant. Saya pakai air biasa. Berhubung di tempat saya (Madura) kadar kapur air sangat banyak, maka saya pakai air yang sudah dimasak untuk mengurai kadar kapur tersebut. Lebih dari itu, saya sering ngetap (ganti air) radiator. Di dekat rumah saya, ada juga Kijang solar tahun 2000 (tangan pertama. Setahu saya, radiator kijang ini aman-aman saja meskipun pakai air biasa dan tidak terjadi pengerakan apa-apa sampai sekarang tahun 2011. Saya tanya si sopir, kata dia, saya sering tap air radiator saja.

    Lebih baik jika Anda pakai air tadah hujan yang langsung (diwadahi plastik/ember). Ini yang saya pakai selama beberapa bulan ini.. airnya minta ke teman. he..he..

    BalasHapus
  8. Di atas ini jawaban saya, Mas, he..he.
    dan maaf sangat terlambat...
    M. Faizi

    BalasHapus
  9. salam sejahtera....pak colt t saya kenapa panas??padahal semua sudah saya servis,tapi mesin tetap panas,apa karena sudah oversize 100?????

    BalasHapus
  10. Pak Anonim:

    sepengetahuan saya ada beberapa alasan, antara lain:

    1. bensin terlalu irit
    2. silinder kop sudah aus/tidak rapi
    3. pompa air tidak normal (cek dengan cara membuka tutup radiator ketika baru menyalakan mesin, apakah sirkulasi air berjalan baik)
    4. ban kipas (belt) radiator terlalu kendor sehingga kipas tidak berfungsi maksimal (biasanya kipas bertemeng, kadang ada yang sudah rusak dan tidak ada tamengnya sehingga angin dari kipas radiator tidak sempurna
    5. tutup radiator kurang rapat
    6. radiator mampet (coba pakai air tadah hujan yang mengambil langsung, bukan dari pancuran)
    7. setelan platina

    kurang lebihnya mohon maaf. sekian dulu

    BalasHapus
  11. salam om Titos, Saya mau tanya nih. Colt bapak saya PU thn 81, lokasi Jogja. Belakangan ini rewel, mesin panas, trus kl d start, air radiator muncrat (spt gejala silindercop ngolet), sudah ganti silindercop kok masih panas dan muncrat. Padahal kondisi radiator juga bagus, tidak ada penyumbatan.
    mohon pencerahannya nih. trima kasih.
    salam
    Alfian_90

    BalasHapus
  12. setelah saya tanya-tanya, kemungkinan terbesar untuk kasus Anda tetaplah pada silindercop. Selep yang tidak rapi juga bisa mengakibatkan fungsi silindercop tidak maksimal. Kalau bisa, cobalah cari pinjeman silinder kop dari bengkel yagn sekiranya terbukti bagus kerjanya. Ini kalau soal air muncrat.

    Namun, kalau hanya karena mesin panas, banyaklah penyebabnya, antara lain yaitu setelan delco, radiator, dll.

    BalasHapus
  13. assalamualaikum pak, saya baru 2 tahun memiliki colt dan selama ini tidak ada masalah dengan mesinnya. Tapi belakangan ini temperatur mesin selalu hampir mencapai 100 drjt tiap kali menempuh jarak >3km. Saya periksa kondisi platina baik dengan celah kurang lebih 0,30mm dan celah klep 0,30 mm rata, radiator tidak muncrat. setelah saya selidiki ternyata radiator bocor dan air cadangannya tidak dapat mengisi radiator. jadi setiap mobil bergerak >15km saya harus mengecek volme air radiatornya. Kira - kira apa penyebab air cadangan tidak mengisi radiator yang biasanya bekerja secara otomatis??? mohon bantuannya...

    BalasHapus
  14. Waalaikumussalam warahmatullahi wa barakatuhu.

    Sungguh saya tidak ahli dalam hal itu, Mas. Saya cuma tahu berdasarkan pengalaman yang saya alami atau pengetahuan yang saya dengar dari orang-orang sesama pemilik colt. Kebetulan, air penyimpanan untuk radiator yang ada pada colt saya itu sudah tidak ada dan saya pakai jerigen yang diletakkan di belakang jok sopir. Jadi, posisinya lebih tinggi dari radiator. Makanya, jika air dalam radiator berkurang, dengan sendirinya air dalam jerigen tersebut akan mengalir dengan sendirinya pula. Sampai saat ini saya masih ingin punya tabung cadangan air radiator yang asli. Cuma kalau cari di toko sudah sulit.

    Untuk kasus colt milik Anda itu kemungkinannya, menurut dugaan saya, bukan pada radiator, melainkan pada selang-selang yang terhubung pada radiator, baik selang atas, atau selang yang bawah (lower hose). Memang betul, ketika mesin menyala tidak terlihat rembesan air. Namun ketika gas telah diinjak dan RPM mesin meninggi, tekanan akan muncul. Saya sarankan untuk membuka semua sambungan selang itu, membersihkannya, dan menyambungnya kembali. Tampaknya cuma itu alasannya jika memang air radiator tidak muncrat.

    Cobalah Anda berjalan dengan cara membuka jok depan. Ajak teman untuk memperhatikan, adakah rembesan air ketika mobil sedang berjalan.

    BalasHapus
  15. Terima kasih banyak atas sarannya Mas, akan saya coba mudah2an bener dugaannya. Ngomong2 jarum indikator temperatur mobil Anda menunjuk ke garis yang ke berapa ya?? kalo mobil milik saya pas di tengah, diantara strip ke2 dan ke3. Terus dalam kondisi seperti itu ketika kunci kontak saya off mesinnya gak langsung mati, masih ada beberapa putaran seperti mobil diesel.
    O iya, sampek lupa... salam kenal dari saya pecinta colt t asal bondowoso jatim....

    BalasHapus
  16. Oh, ya. Kalau dulu, sewaktu saya masih pakai kombinasi spuyer 80 -85, tempteratur mesin berkisar segitu, yakni di atas 80 derajat celicius, alias sampai lewat dari garis nomor 2 dari bawah kalau dalam keadaan dipacu terus menerus atau dalam keadaan mesin idle yang cukup lama. Namun setelah saya ganti kombinasi jadi 85 : 90, kontrol menjadi di atas garis paling bawah, di bawah garis nomor 2: jadi panasnya kira-kira 70-an derajat celcius.
    Cuma, kata teman, selama panas mesin tidak sampai ke garis nomor 3, itu masih tidak apa-apa. Cobalah cek businya. Jika berwarna merah kecoklatan, berarti mesin tidak kekurangan bensin. Aman.

    Oh, ya. Salam kenal kembali dari saya. Jika tak ada halangan, saya akan ke Ramban, Cerme, Bondowoso, pada hari Ahad, tanggal 29 April 2012. Semoga ada kesempatan kita bertemu.

    Salam,

    M. Faizi a.k.a. Titosdupolo

    BalasHapus
  17. Oh, ya. Ada yang lupa terkait dengan komentar bagian ini "Terus dalam kondisi seperti itu ketika kunci kontak saya off mesinnya gak langsung mati, masih ada beberapa putaran seperti mobil diesel.". Mungkin itu karena bensin yang lebih. Bisa dibersihkan karburator. Tidak harus dibongkar, cukup di-kop saja. Buka tutupnya, nyalakan mesin, gas dimainkan sambil dibuka tutup pakai tangan. Demikian.

    BalasHapus
  18. "Terus dalam kondisi seperti itu ketika kunci kontak saya off mesinnya gak langsung mati, masih ada beberapa putaran seperti mobil diesel."

    >> boleh jadi juga karena stelan delco terlalu nge-vor

    BalasHapus
  19. wah, terima kasih banyak atas infonya. Setelah saya ingat2 memang saya pernah mengganti spuyer bensin dengan yang lebih kecil dengan maksud agar konsumsi bbm lebih irit, ternyata efeknya suhu mesin jadi tinggi. Kalo gitu akan saya coba ganti spuyer bensin seperti kondisi semula. Mudah2an berhasil...
    Owh ya... saya berdomisili di kec. maesan/ bondowoso bagian selatan semoga perjalanan anda lancar dan selamat sampai tujuan...

    salam

    Andrik Hadi

    BalasHapus
  20. Alhamdulilah akhirnya saya menemukan temen2 pecinta colt... mohon infonya... Colt saya punya masalah kalau udah dipakai jalan agak jauh (mesin panas)trus berhenti sekitar sekitar setengah jam sulit banget starternya... kalau udah beberapa kali coba dan injak gas penuh baru bisa nyala... itu pun mbrebet2 tidak stabil dan minta gas besar terus untuk beberapa saat sampai mesin stabil... kalau udah stabil kaya gini di pakai lagi tidak masalah... tapi kalau berhenti lagi setengah jam masalah ter ulang lagi... tapi anehnya kalau berhentinya cuman untuk isi bensin di starter langsung greng... trus kalau pagi pun di stater langsung greng ...kira2 apa ya yang kurang pas pada colt saya... mohon pencerahanya... matur nuwun...

    BalasHapus
  21. @Andrik Hadi: iya, sayangnya kemarin pas tanggal 29 April saya tidak jadi bawa Colt T 120 karena tidak sepakat dengan anggota rombongan. Akhirnya saya naik bis pariwisata Kalisari bersama saudara-saudara yang lain. Semoga ada kesempatan di lain waktu untuk memburu blue mountaion atau kopi luwak, hehehe...

    @Anonim: ya, Mas. Senang juga kedatangan Anda. Cerita Anda sama seperti colt saya saat ini. Cuma, bedanya milik saya dibiarkan karena lagi males. Hehehe... kemungkinan besar itu ambér, alias kelebihan bensin atau karena kualitas premium yang makin hari makin buruk saja :-(

    M. Faizi a.ka. Titos du Polo

    BalasHapus
  22. saya punya colt t pu thn 76 body kaleng ori,kabulator pakek escudo,,irit poool,buat angkut gbh 2,5 ton pun yahuttt..dulu saya pernah mengalaminya mesin panas mati ternyata pompa oli patah mesin jadi berat,,,saya posi2 di ngawi timur,slam colt mania,buat om titos sya penggemar beratmu wakakakakak....

    BalasHapus
  23. om titos saya mau info nya berapa harga tempat filter udara colt t,,,punyaku dah kemakan rayap besi,,,,trimmmm

    BalasHapus
  24. @Anonim: terima kasih sudah berbagi cerita. Saya baru tahu kalau karburator escudo bisa dipasang di Colt T. saya kira cuma milik Kijang Super... wew... boleh diujicoba itu. tapi, Escudo-nya siapa, ya, yang mau dikampak? hehehe...

    Soal harga tempat filter, saya kurang tahu. Apa masih ada di toko, ya? Khawatir sudah nggak ada...

    BalasHapus
  25. Oh, Bung Anonim di Ngawi. Saya lupa, ya, M. Faizi adalah Titos, hehee....

    BalasHapus
  26. yang dimaksud dengan keseimbangan karburator dan setelan platinanya itu gimana bos?

    BalasHapus
  27. salam kenal mas Faizi, saya dulu jg pengguna T120, permisi boleh ikutan bantu jawab ya..
    salah satu penyebab air cadangan tidak masuk ke radiator yaitu tutup radiatornya, coba diganti baru.
    Krn prinsipnya begini, saat mesin panas air radiator yg berlebih dialirkan ke tabung cadangan. Tapi nanti setelah mesin dingin, air cadangan akan terhisap balik ke radiator. Itu sebabnya di tutup radiator ada klep utk balikan, nah mungkin klep ini yg sudah tdk bekerja.

    Dulu penyakit colt yg saya pakai jg susah stater. Biasanya harus tarik tombol cuk dulu, kocok pedal gas 3 atau 4 kali, baru stater..... grenggg :)

    BalasHapus
  28. @Anonim: nah, itu saya yang tidak tahu secara pasti. Mungkin yang disebut dengan napur itu pada delco. Yang jelas, setelah distel platinanya, juga delco, temperatur mesin colt saya jadi normal kembali. Namun sekarang saya sudah tidak pakai platina lagi, sudah setahun ini. saya pakai CDI rakitan Pak Thamrin (jakarta). Saya beli seharga 250.000 (plus ongkos kiriim ke Madura. Sejauh ini baik-baik saja.

    @Andri: salam kenal kembali Mas Andri. Saya senang dapat kenalan baru di sini. Saya juga sudah ganti tutup radiator itu. Dan rupanya, tutup yang baru juga bukan tutup yang asli (ori). Sulit benar cari perkakas colt yang masih asli atau sekurang-kurangnya bagus. Biasanya, saya mendapatinya secara kebetulan saja. Bahkan kadang saya pesan kepada penaga toko, agar kalau dapat spare part colt stok lawas, untuk segera menghubngi saya. hahaha...
    Soal choke itu, milik saya sudah tidak berfungsi karena ada salah satu tuas pada karburator yang hilang, sehingga choke tidak bisa bekerja. Sementara, kalau mau menghidupkan colt di pagi hari, ya, saya juga melakukan seperti yang Anda lakukan: kocok gas dua atau tiga kali dan langsung start... demikian. salam.

    M. Faizi aka Titos dupolo

    BalasHapus
  29. Om faizi mau tanya dong, itu cdi nya susah g om pasaangnya? efek nya gimana? minta nomer yang jualnya juga dong om. makasih banyak om

    BalasHapus
  30. Assalamu alaikum pak Faizi, mas Titos. Mau tanya nih colt pnya sya brusan ganti silinder head(cari di belehan/loak), yg kmaren dah tipis, biasa msin overheat. Radiator ganti baru trmasuk tutup,air pke coolant, trus pngisian pke IC, platina dganti CDI, msin ok. Tapi maslahnya klo msin dgeber nyampe 80 km/ jam lebih (alarm bunyi) trus wktu dmatikan, mesin gampang overslach (msin ndak lgsung mati/sperti pincang). Padahal udah stel klep, na pur,bngkel bilang templar, ada yg bilang selenoid karbu ndak sempurna, ak jadi bingung.Ada yang bisa bantu ???? Skedar info colte saya th 77 pikup,seusia saya. Trimakash sarannya.Salam dari Sleman wassalamu alaikum wr.wb. Eng Ing Enggggggggg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas abdan:saya dulu juga pernah mengalami hal seperti itu(sering malah).Setelah tak amat2i n pengalaman saya?setelah setel platina n cek as delco penykit langsung sembuh?tapi beberapa hari umat lagi.ternyata masalah ada di platina karena ukuran yg besar jadi cepet berubah setelannya?harganya cuma 30rb.Tapi seteleh saya ganti yg ukuran kecil(harga 60rbuan)disetel yg pas,ternyata aman2 aja bos?jadi ada harga ada rupa wekekeke

      Hapus
  31. @Anonim I :Duuuuuh, mohon maaf yang besar, Mas, komentar Anda baru saya temukan. Saya silap dan lupa tidak membalas. CDI Flash punya Pak Tamrin itu sangat mudah memasangnya. Anda pasti bisa pasang sendiri. Ini nomor Pak Tamrin: 081- 2927 - 0675

    @Abdan Fiano: Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuhu

    saya tidak ahli dalam hal Colt, Mas, cuma belajar dari pengalaman sendiri. Menurut orang yang saya tanya, kasus Anda itu bisa ditelusuri dengan ngecek lagi kondisi spuyer, apakah bersih atau mampat. Jika sudah cek itu, mending sekalian juga cek rotor dan pir dan tutup delco-nya, siapa tahu sudah aus sehingga dristribusinya tidak baik ke busi. Jadi, jawaban ini menjelaskan dua kemungkinan, yakni kemungkinan bahan bakar dan kemungkinan api/pengapian

    BalasHapus
  32. salam colt mania om titos....bru bakak nih dari ngawi timur.colt sya baru trun msin bru jdi hbs lbaran kmarn,hbis gnti ring,sker,klep,metel jaln,m du2k,ini maslah e kmbuh lgi..klo pagi ssah hidupnya,trus ada kluar asp ptih klo pagi mohon pencerahane,,,,,trus ma nnya gondokkan bawah stir tu2p sklar lampu ma presneleng di toko msih ada ndk,,,,sya dah gubek2 loakn madiun gak da...trus sya ma info kmrin sya ktemu ma tu2p pelk yg bentuke kayak mangkok tu di loak,4 biji...tpi syang colt ku dah tak psang wildop tko.colt emang oyeeeee....

    BalasHapus
  33. buat tempat filter udara di loakn byak bos,,,murah cma 25 rbu msih bgus kmrin sya jga bli,,,,bos

    BalasHapus
  34. Anonim I: saya tidak ahli, Mas. tetapi saya ucapkan selamat sudah bertandang ke blog saya ini. Melewati ngawi merupakan keinginan saya tetapi hingga hari ini belum tercapai juga, haha...

    Oh, ya. Kalau sulit distater di pagi hari, ya, coba saya cek-cek dan puter-puter delconya, Mas, mana tahu belum pas... dan bisa juga kerenggangan dan kerapatan klepnya belum pas....

    Anonim II: terima kasih sudah berbagi info buat yang lain

    M. Faizi (Titos)

    BalasHapus
  35. Salam kenal pak.. Numpang cari ilmu buat T120SS saya.

    BalasHapus
  36. ern4nur: ya, salam kenal kembali. mungkin tidak banyak lagi persamaan T120 dan T120 SS,ya. Tapi, tak ada salah kita bersahabat sesama tiga berlian

    BalasHapus
  37. air radiator colt t120 mendidih terus kembali ketampungan radiator penyebabnya apa bos

    BalasHapus
  38. @Rohmat: bisja jadi ada saluran yang mampet. untuk kempetan ringan, baca beberapa kali itu radiatornya kasih air sabun/deterjen dan nyalakan selama beberapa saat, selama beberapa kali/hari.

    Kalau ternyata tetap mampet, ya, bawa ke tukang radiator, Mas

    BalasHapus
  39. Salam kenal pa
    saya aly dari subang.jawa brat.,
    Mobil saya mitsubshi T120SS tahun 2014.
    msalahnya kenapa m0bil saya pada waktu mengemudi pedal gas tidak di injak m0bilnya jalan sendiri/ngluyur.
    Bahkan pada saat gigi mundur kecepatannya bisa mencpai 5-6 km/jam

    BalasHapus
  40. Saya tidak tahu kalau T120ss, Mas Aly. Namun kalau dijelaskan bahwa mobil jalan sendiri itu pertanda bahwa mesin dalam posisi tidak stasioner (alias RPM sudah mulai bergerak) meskipun gas tidak diinjak. Dengan begitu, gas diinjak tetapi tidak kembali. Penyebabnya bisa jadi ada serabut kabel gas yang putus sehingga menyebabkan gangguan. Bisa pula cantolan ujung kabel tidak pas nyangkutnya pada tuas gas di karburator. Namun sekali lagi saya minta maaf karena sudah terlambat menjawab, itu pun belum memuaskan, hehe.
    Salam kenal kembali, Mas Aly, dari saya di Sumenep, Madura


    Hedwin: terima kasih sudah berbagi pengalaman di sini

    M. Faizi (titosdupolo)

    BalasHapus
  41. Salam kenal sesama pecinta colt t120

    BalasHapus
  42. salam kenal kembali, Mas Nank

    M. Faizi

    BalasHapus
  43. bunuh diri itu kyai,selama tidak ada masalah mending jngan d modif,temperatur kerja pada cairan pendingin antara 80-100 drjt (dari buku yang sy pelajari).saporana lor nye lor.

    BalasHapus
  44. Terima kasih atas saran. Saya sudah pakai kipas yang dulu, yang bawaannya.

    BalasHapus
  45. Salam kenal semua, mas 1 minggu ini sy baru dpt coltT120 thn 80, cuma ada kendala air radiator cepat mendidih, muncrat dan ngebul (saat ini pakai jerigen yg ditaruh di belakang jok) sesaat setelah terjadi hal seperti ini kemudian di staterpun susah, tapi kalo kondisi sudah dingin relatif bisa distater (didiamkan skitar 30 menit) atau kalo pagi hari distater bisa mudah, saya terganggu sekali dg kondisi ini, soalnya mobil dipakai buat pesanan material, coba tanya temen katanya ganti aja pakai radiator kijang ato punya SS pickup apakah hal ini benar ato temen2 sudah ada yg pakai radiator kijang? harga radiator kijang ato SS sekitaran berapa? tks

    BalasHapus
  46. @Tri Wahyudi: semoga ada kawan kawan lain yang sudah berkomentar di sini maupun yang belum bisa membantu, Mas.

    Eh, mengapa tidak kontrol radiator Anda dulu, yakin mampet, kotor? Adakah kemungkinan lain, misalnya yang disebut 'mulet' alias oli bercampur air? Daripada nanti harus ganti radiator baru, mending dipikir dan ditimbang dulu, Mas

    BalasHapus
  47. salam kenal bapak2 ane pengguna t120ss th 93
    radiator ane pake coolant tpi pas di pakai radiator nya jdi ngadat kotoran jdi bnyak mesin pun cepet panas
    mohon pencerahan nya bapak2 yg terhormat

    BalasHapus
  48. @Wans: saya pakai air biasa, bukan air mineral ataupun air masak (yang sudah dijerang). Air di tempat saya sangat tinggi zat kapurnya. Caranya agar aman, sering ganti itu air. Terima kasih kembali dan salam

    BalasHapus
  49. Selamat mlm,sya heru dri lampung.sya bru punya colt t120 ss.sya mau tanya sapa tau para pecinta colt t bsa bntu.sya agak sulit buka joknya.tlong masukannya y,apa ada kuncian tersembunyi atw bagaimana cara membukanya.makasih

    BalasHapus
  50. Selamat mlm,sya heru dri lampung.sya bru punya colt t120 ss.sya mau tanya sapa tau para pecinta colt t bsa bntu.sya agak sulit buka joknya.tlong masukannya y,apa ada kuncian tersembunyi atw bagaimana cara membukanya.makasih

    BalasHapus
  51. Pak Faizi, masalah radiator colt memang jadi masalah yang umum mengingat usia yang sudah berumur. Saya juga mengalaminya, waktu itu karena seringnya radiator bocor akhirnya saya putuskan untuk mengganti 10 bilah saluran yang sudah parah ke tukang radiator. Ternyata masalah masih berlanjut, karena masih garansi oleh tukang radiatornya saya bawa balik dan dibongkar ditempat, memang pada saat itu terlihat ada bocor alus. Tetapi waktu di cek dengan tenaga si tukang bocornya tidak terdeteksi (mungkin perlu bantuan superman biar lebih keras nyebulnya wkwkwk..) Akhirnya dipasang lagi dan menemukan adanya udara yang masuk ke radiator (ditandai dengan bunyi desis yang kuat waktu radiator dibuka, apalagi saat panas). Tukang radiator mengatakan masalahnya bisa timbul dari kemungkinan 3 hal; silinder kop, stelan nahpur atau klep yang minta di skur. Berhubung harus ke bengkel untuk mendeteksi lebih lanjut, maka dibuat akal dengan memakai tutup radiator bekas yang sudah rusak karetnya. Tujuannya agar angin tidak terjebak dalam radiator dan tidak menekan air keluar (bocor). Perjalanan Solo - Surabaya saya lakoni dengan cara ini, cukup efektif meskipun sesekali harus isi radiator, namun temperatur bisa dipertahankan dibawah 80'. Sampai dirumah, saya ambil tutup yang baru lalu buat lubang kecil pada plat yang menutup lubang radiator, tujuannya tetap untuk membuang angin, namun tetap mempertahankan vakum dari radiator ke reservoir. Alhasil sampai saat ini untuk dalam kota temperatur stabil dibawah 80' dan air radiator tidak berkurang (hanya perlu sering cek dan tambah air di reservoir). Mungkin cara ini bisa membantu rekan-rekan yang punya masalah sama, sampai bisa terdeteksi penyebab masuk anginnya.

    BalasHapus
  52. gan, ane rencana mau pasang solenoid / switch karburator utk colt t120 ane..
    solenoid / switch karburator tipe apa yang cocok gan? merk dan jenisnya?
    atau subsitusi juga boleh dari mobil lain

    BalasHapus
  53. Unknown: mohon maaf, kalau saya pribadi tidak tahu cara bukanya, Mas, karena saya tidak pernah sekalipun mengemudi Colt T120 ss

    Leonardus: mohon maaf, komentar Anda baru saya temukan dan saya baru tahu ada tanggapan menarik dari Anda. Terima kasih. Mobil itu itu memang harus serba-diakali karena kadang kita pakai cara yang bener malah nggak bener bener. Saya tidak pernah punya pengalaman seperti itu. Yang jelas, penampung air air saya ada di belakang jok, lebih tinggi dari radiator, jadi bertugas menuang, bukan menyedot.

    Yonathan: untuk sementara, saya pasrahkan kepada teman teman lain untuk menjawabnya. Saya tidak ahli karena saya bukan bengkel atau montir, Mas. Saya hanya seorang penggemar yang kebetulan tahu kalau ada masalah yang terjadi pada kendaraan sendiri


    Terima kasih untuk semua tanggapan

    M. Faizi (Titosdupolo)

    BalasHapus
  54. Makasih atas tanggapanya Mas M.Faizi, setelah dideteksi rupanya cylinder copnya yang bermasalah, mungkin saat dipegang pemilik sebelumnya sering over heat sehingga perlu di slip ulang, kebetulan mobil tsb masih dlm tahap pembelian dan masih bisa ditukar, sekarang sy pakai colt T120 thn 80, masalah mesin yang terlalu panas sudh beres

    BalasHapus
  55. Kembali kasih, Mas Tri. Semoga enjoy dan asyik

    Salam, M FAIZI aka Titosdupolo

    BalasHapus
  56. Sokusinya mas buat mobil t120 saya sering panas.. padahal semua e udah di serfis.. dari radiator karbu sampek stelan clep sama delco platina udah.. tapi di ajak jalan skitar 3 kiloan mobil cepet panas temperatur naik.. apa slinderchop nya udah mulet gtu ya??
    Sama satu lage.. mobil ttnggaQ ngebul putih saat di gas tapi anehnya busi satu pun g ada yg basah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kok aneh itu, mas? saya tidak tahu. Silinder kop kayaknya yang tertuduh, Mas

      Hapus
  57. Maaf pak kenapa plampung kaburasi col t saya bisa meleleh di pegang sampai empuk apa penyebabya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kurang tahu jawaban untuk yang ini, belum pernah mengalami

      Hapus
  58. Maturnuwun semuanya, bagi saya pertanyaan-pertanyaan dan jawaban jawaban seputar colt lama, SANGAT BERMANFAAT/menambah wawasan.

    BalasHapus
  59. Kl sy utk kds spt itu sy lgsg tambahkan extra dan punya karimun, sampai skrg mbl anti over heat. Pasang di dpn radiator nya, bawaan mbl tetap dipasang tp yah. Jd sy psg switch tambahan dipakai nya jika kds sdg mct sj.

    BalasHapus

Kopdar Triwulan di Blitar

Jarak dari rumah saya ke Blitar itu jauh. Kesannya begitu, bahkan lebih jauh daripada perjalanan saya sebelumnya, ke Banyuwangi. Tapi, ini h...