Pembaca

24 Maret 2010

Anting Pir



Satu masalah yang lama mengganggu pikikanku adalah tongkrongan colt Titos du Polo-ku ini yang sedikit mendongak (tinggi depan). Saya bingung, bagaimana menyiasatinya. Beberapa rekan berkomentar, kondisi semacam ini disebabkan oleh pir daun colt-ku yang cuma 3 lembar saja. “Seharusnya ada 4 lembar,” kata sebagian mereka . Namun, setelah saya bertanya kepada tiga orang pemilik colt station wagon dari tangan pertama, disimpulkan bahwa pir daun bawaan colt (station) itu memang ada 3 lembar.

Maka, agar kendaraan tampak rata (tidak tinggi depan), ada beberapa usulan:
1. melepas ganjal karet spiral (depan)
2. menempa pir (belakang) jadi lebih melengkung
3. memodifikasi anting pir, jadi lebih panjang

Dari tiga pilihan ini, saya memilih alternatif ketiga. Cara ini ternyata membuat suspensi colt jadi lebih lembut, meskipun saya tidak tahu apakah ini termasuk pelanggaran hukum konstruksi yang akan menyebabkan kendaraan menjadi kurang stabil dalam kecepatan tertentu. Entahlah, masih akan saya coba beberapa waktu ke depan.

Demikian sekadar berbagi pengalaman.

7 komentar:

  1. ini maksudnya di ganti per daun_nya,mas?

    BalasHapus
  2. bukan, tapi dudukan per daun bagian belakang. per daunnya masih saja begitu.

    BalasHapus
  3. tapi suspensi colt T 120 maknyus kok mas, empuk banget yang depan, kayak mercy............. hehehehe.........
    @salam kenal dari Bagus di Solo yang lagi sedih karena Colt T 120 helios yellownya udah di jual 1 tahun yang lalu,karena anak bininye kepanasan kalo diajak naik colt T :(

    BalasHapus
  4. betul apa yang Anda katakan. Suspensinya betul-betul enak. Salam kembali buat Mas Bagus di Solo...

    BalasHapus
  5. masih di gunakan antingan per itu sampe skrg mas? ada masalah kah? dan di panjangkan brp cm/mm dari standarnya. matur selangkong

    BalasHapus
  6. Sementara tidak ada masalah. Saya tidak tahu persis berapa panjang tambahannya. Kayaknya nambah 2 Cm. Saya sekarang tdk sedang bawa colt dan pergi agak jauh. Maunya bawa colt tapi sedang ada masalah pada saluran oli. Nanti saya tulis tentang ini jika saya pulang, besok malam.pa panjang tambahannya. Kayaknya nambah 2 Cm. Saya sekarang tdk sedang bawa colt dan pergi agak jauh. Maunya bawa colt tapi sedang ada masalah pada saluran oli. Nanti saya tulis tentang ini jika saya pulang, besok malam.

    BalasHapus
  7. Ini informsih tambahan: posting baru

    http://titosdupolo.blogspot.com/2013/07/karet-bodi-dan-anting-pir.html

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...