Pembaca

30 Januari 2014

Karburator dan Isinya


Setelah beberapa kali membersihkan karburator sendiri dengan bantuan teman, akhirnya saya berhasil membersihkan karburator dengan tangan sendiri dan sendirian. Awalnya, sempat saya alami bongkar pasang karburator milik Colt T-120 ini dan dianggap gagal karena ada beberapa item yang tidak terpasang. Hal ini membuat saya kendor dan capek karena tidak terbiasa. Ini adalah pengalaman yang, kalau tak salah, keempat atau kelima kalinya.

SPUYER
Awalnya, saya membongkar karburator karena merasa konsumsi BBM Colt saya ini terlalu boros. Ditemukanlah penyebabnya, yakni adanya kombinasi spuyer yang terlalu besar, 95-162. Padahal, sebelumnya sudah sering kali mencoba kombinasi spuyer, mulai dari 80-90, 85-90, hingga yang terakhir 85-95. entah mengapa dan kapan saya pasang spuyer gede itu, mungkinkah orang lain? Mungkinkah paman saya yang menggantinya sewaktu membawa Colt ini ke Jember tempo hari? Namun, yang saya pasang dalam kali terakhir ini adalah kombinasi 95-98. Selain spuyer berbentu pipih, ada lagi spuyer yang bentuknya panjang, entah apa ini fungsinya. Posisinya tegak dan batangnya seperti batang lidi. Ternyata, nomor spuyer yang ini juga beragam. Yang saya temukan dalam karburator bernomor 4.4.
Spuyer pipih, seperti mur, yang kombinasinya saya sebut di atas, banyak sekali ragamnya.  Saya memang sering membeli spuyer untuk koleksi, tepatnya untuk persiapan dan coba-coba. Toh, harganya berkisar 3-5 ribu rupiah saja. Dari sekian banyak spuyer, saya membaginya jadi dua jenis: ada yang berwarna kuning emas dan jenis lainnya kuning kehitaman. Yang kuning seperti emas, nomornya jelek, seperti ditulis tangan. Semetnara yang kuning kehitaman cap nomornya seperti dari cetakan. Saya berasumsi, spuyer yang warna kehitaman ini adalah yang nomornya lebih valid. Soalnya, saya pernah membandingkan lubang spuyer itu tidak sama;
lubang spuyer kuning bernomor 90 ternayta lebih besar dibandingkan spuyer kehitaman yang bernomor 95. Saya bandingkan pula dengan nomor yang lain.

MEMBERSIHKAN KARBURATOR
Untuk membersihkan karburato, sekarang tak perlu repot lagi. Kini, sudah tersedia cairan pembersih berbentuk semprotan (spray). Ia dapat membersihkan lubang-lubang di karburator dengan hanya cukup disemprotkan. Namun ingat, jika karburator berisisi kotoran padat, seperti serpihan pasir/debu, saya tidak yakin dapat dibersihkan dengan semprotan itu. Saya lebih yakin jika dibersihkan dengan kompresor.

PACK-SET/TOOL KIT
Pak set yang dimaksud di sini adalah sekumpulan item/onderdil dalaman karburator, berisi spuyer, packing, dll. Baru-baru ini saya membeli sebuah pack set dengan harga 60.000. Ternyata, beberapa yang saya temukan tidaklah benar-benar memuaskan/lengkap. Ada beberapa item yang tidak ada di dalamnya, seperti gotri dan kuningannya. Terus, masalah muncul karena batang besi penahan gotri itu ternyata terlalu panjang dari yang saya gunakan (yang kebetulan dibuat sendiri dari ruji sepeda karena yang aslinya hilang saat dibongkar). Akhirnya, saya potong dengan mesin gerinda dan disesuaikan.

Saya pernah mengalami kelepaaan tidak memasang batang goti dan kuningan itu di dalam karburator. Anehya, karburator tetap berfungsi dan mesin tidak pincang. Makanya saya tidak curiga sama sekali kalau ada beberapa item yang lupa dipasang. Saya baru curiga setelah diketahui konsumsi BBM diperkirakan menjadi gila, yakni 1:8 atau bahkan kurang. Ini diketahui setelah saya gunakan dalam perjalanan jauh, ke Banyuwangi (dari Sumenep).






10 komentar:

  1. assalamualaikum pak fauzi,,saya tidak punya colt,,tapi saya seneng sekali baca2 tulisan pak fauzi mengenai si titos di blog ini,,kapan2 tolong dkasih cerita lagi pak tentang perjalanan bapak bersama titos,,favorit saya cerita2 gtu pak,,hehehe..pak fauzi jga pinter kalo cerita,,jadinya kayak ikut jalan-jalan juga

    BalasHapus
  2. Pak saya mau tanya setiap beli karburator kit pasti didalam nya ada ring berwarna merah..dan itu pungsinya buat apa,,, hatur nuhun

    BalasHapus
  3. @Bobby Rizky Irawan: waalaikumussalam wa rahmatullahi wa barakatuhu. Iya, mas. Saya sekarang jarang menulis cerita perjalanan dengan Colt. Dan terima kasih telah mengingatkan saya untuk menuliskannya kembali. Salam

    @Yanz:nah, itu saya kok nggak tahu, ya? seingat saya nggak ada cincin berwarna merah itu. Coba saya cek lagi,.

    BalasHapus
  4. Pak. Kalo bli karburator baru colt . Ap sdah standar ny bisa f iritkan. Atau harus ganti spuyer lagi

    BalasHapus
  5. Mas Ropik: iya, standar anyar katanya emang gede. Kalau dikecilkan nanti juga akan berdampak, lebih irit tapi juga tenaga mungkin tidak maksimal. Punya saya yang dikecilkan itu kalau baru nyala suka bretbet. Kalau sudah panas jadi normal dan speedometer mentok 90 km / jam, digas pun gak bisa nambah kecepatan jadinya, he he

    BalasHapus
  6. Mas q mau tanya colt 120ss
    Standar spuyer nya itu brpa ya om?
    Q beli isi kaburator nomor sepuyernya kok 195. Tpi lobang nya kok lbih kcil kliatanya sama ukurn 115.
    Stelah q psang memang suara ngelitik nya hilang. Tpi blm cek sih boros pa g nya.
    Soaly mbil jarang jalan jauh.
    Sklaian tanya om cara stel napur delko cdi yg pas

    BalasHapus
  7. Mas q mau tanya colt 120ss
    Standar spuyer nya itu brpa ya om?
    Q beli isi kaburator nomor sepuyernya kok 195. Tpi lobang nya kok lbih kcil kliatanya sama ukurn 115.
    Stelah q psang memang suara ngelitik nya hilang. Tpi blm cek sih boros pa g nya.
    Soaly mbil jarang jalan jauh.
    Sklaian tanya om cara stel napur delko cdi yg pas

    BalasHapus
  8. Om mau tanya, ukuran kuningan penahan gotri itu berapa ya??? Dan bentuknya seperti apa... Soalnya punya saya hilang

    BalasHapus
  9. Punten para suhu kalo ukuran main jet yang normal itu berapa hatur nuhun

    BalasHapus
  10. Om kalo beli baut spuyer HD125ps dimana iya?

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...