Pembaca

22 Maret 2014

Stang Delco


Dalam putaran tinggi, yakni ketika pedal gas diinjak dalam-dalam, saya lihat mesin tidak stabil, bergetar hebat. Ini pertanda mesin tidak sehat dan jelas tenaga yang dikeluarkannya akan berkurang. Kata seorang montir, ini diseababkan oleh arus dari coil yang tidak sempurna. Kemungkinannya, coil sudah tua dan tidak mampu lagi.

Namun demikian, saya tidak lantas percaya pendapat itu. Karena sebetulnya, mesin bergetar hebat itu bisa dikarenakan oleh hal-hal yang lain di luar pertimbangan kita sendiri. Buktinya, ketika suatu waktu saya mendapati oli tidak naik (ditunjukkan dengan lampu ‘oil’ yang tetap menyala ketika mesin sudah menyala), saya beranggapan bahwa pompa oli sudah aus atau filter oli tidak rapat. Ternyata, setelah dicek, hanya karena baut delco-nya saja yang longgar. Begitu dikencangkan, beres sudah masalahnya.

Dalam menghadapi masalah, terutama Colt, belakangan ini, saya tidak mudah panik dan salalu berhati-hati untuk mengambil ekskusi. Sebab, kalau sembarangan, salah diagnosa akan menyebankan ‘penyakit tidak sembuh’, dan juga onderdil yang terlanjur kita beli—terkadang—tidak dapat ditukar kembali alias percuma.

Dalam kasus di atas, ternyata, masalah ada pada stang delco yang sudah tidak lurus lagi. Ini rupanya penyebab getaran hebat mesin dalam putaran tinggi. Dugaan ini dikemukakan oleh montir yang lain (beda dengan pendapat yang pertama) dan ternyata benar adanya. Maka, setelah saya ganti stang delco dengan yang baru, selesailah masalah tersebut.

Ketika saya tanya kepada pak montir, kenapa stang delco yang tugasnya relatif ringan itu bisa ‘bengkok’? Menurutnya, hal ini disebabakan oleh cara pasang yang salah. Kata dia, ketika akan dipasang, stang memang sulit masuk. Beberapa orang terkadang menempuh ‘cara kekerasan’, yakni dengan memukul bagian atas stang itu dengan benda keras, seperti martil. Menurutnya, cara tersebut berbahaya. Lalu bagaimana? Cukup tekan stang itu kuat-kuat, nyalakan starter, dan stang delco akan masuk dengan sendirinya.

20 komentar:

  1. Stang delco itu yg ada gear nya yg jd satu sm tmpt platina itu ta pak?
    Kata montir, benda itu di colt sy katanya sdh mulai kocak jd setelannya bs berubah2.
    Apa iya cr benerinnya cm ganti itunya pak?

    BalasHapus
  2. @Dedi Hendriyanto: iya, panjangnya mungkin sejengkal kurang sedikit. Ujung bawah berulir, ujung atas merupakan tempat rotor dan pijakan platina

    BalasHapus
  3. Mohon pencerahannya para suhu2(tempat platina n delco sebelah mana)masalahnya saya belom tau posisi tersebut?dan saya mendapatkan masalah tersebut,yaitu mesin susah di setel langsam n bergetar banget.Kayaknya lebih asik utik2 sendiri n berhasi memecahkan masalah daripada kebengkel hehehe ngirit.com juga terima kasih

    BalasHapus
  4. Mas Hedwin: posisi delco itu berada di sisi kanan mesin, berdiri di antara 4 busi. Platina berada didalam tutup delco, di bawah rotor. Ini gambar delconya:

    http://titosdupolo.blogspot.com/2012/11/selama-ini-saya-tidak-pernah-nyetel.html

    BalasHapus
  5. Mohon pencerahan gan... bbrap bln yll saya pernah ganti stang delco dan hasilnya cukup memuaskan.. tp hanya bertahan 1 bln. Kata montir nya rumah delconya yg kena n hrs diganti sak glundung... saya dah ngubek2 kota magelang gak ada yg punya... bisa bantu gan..?

    BalasHapus
  6. @Pry: saya masih agak ragu kalau harus ganti delco sak glundunge. Coba dipikir lagi, apa buka T-Delconya yang aus? Kalau memang harus ganti delco semua dan Anda tinggal di Magelang, minta tolong sama Mas Tekno yang orang Tlatar, siapa tahu beliau ngerti tempatnya: 081 9154 77 955

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok pak faizi makasih bnyk.. brsn dapet delco bekas kayaknya ori sih mesin dah bunyi lagi, tp masih kurang halus stasionernya, apalagi nih...... pusing....

      Hapus
  7. Dibawa tenang saja, Pak Pry, ajak jalan-jalan dulu itu Colt. Siapa tahu nanti bisa sambil dipikir bagaimana membuatnya lebih halus saat stasioner, misal dengan merapatkan atau merenggangkan stelan klep, dll.

    Saya pernah ngalami kasih ganti packing silinder kop (cylinder head) yang kelas 60 ribuan saja. Kayaknya temperatur tetap saja panas, tidak ada perubahan signifikan lah. Capek, kan? saya biarkan saya dipakai hingga beberapa pekan. Dan tanpa terasa, sekarang malah normal sendiri. Hehehe, kayaknya ini keistimewaan Colt, terkadang bisa menyembuhkan penyakitnya sendiri

    M. Faizi

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Misi kang mau nanya lagi.. kalau T delco itu bagian yang mana lagi ya? Soalnya ini colt sy lagi proses ganti as delco atau mgkn batang delco ya?
    Ini kmrn penyakitnya, suka meletus2 sendiri knalpotnya.
    Sdh ganti koil, bengkel minta merk diamond, dibelikan diamond katanya apinya krg besar. Trs minta d belikan yg ND panjang dgn pendingin, tp katanya kalau pendinginnya di pakai mobil d start ga mau nyala. Tp kalau di langsung tanpa pendingin bisa nyala. Apa ga cpt rusak ya koilnya klo langsung gt?
    Yg bikin apinya kecil itu apa ya kang?

    Ini stlh koil d langsung, d rasa2 setelannya sll berubah2 kang, jd delco d bongkar dan as nya sdh cacat makanya d ganti. Apa as delco yg aus bisa bikin api koil kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondensor?yg buat api besar,yg saya tau demikian

      Hapus
  10. Mas Dedi: ada kalanya coil itu bermasalah kalau pendinginnya bermasalah. Punya sodara saya kemarin malah tidak hidup sama sekali. Setelah dilepas pendinginnya, malah normal. Coil Colt saya sendiri tidak pakai pendingin, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koilnya mas yg tdk pakai pendingin kakinya 2 atau 4 mas?
      Ini sy msh nunggu kiriman as delco dr toko disini. Lama sekali ga sampai2. Oiya, apa ada media komunikasi lain mas selain lwt komentar ini? No hp, bbm, line,fb, atau email. Biar enak kalau mau minta saran hehehe

      Hapus
  11. Ini nomor saya, Mas Dedi
    081 739 2631

    M. FAIZI (pemilik blog ini)

    BalasHapus
  12. Maaf pak mau tanya, mesin hidup tapi pas di gas,, seperti tenaga berkurang,dan kenalpot meledak", dan terkadang sering mati tiba" seperti minyak telat,, bagaimana solusinya pak,?? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  13. Maaf pak mau tanya, mesin hidup tapi pas di gas,, seperti tenaga berkurang,dan kenalpot meledak", dan terkadang sering mati tiba" seperti minyak telat,, bagaimana solusinya pak,?? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  14. Maaf pak mau tanya, mesin hidup tapi pas di gas,, seperti tenaga berkurang,dan kenalpot meledak", dan terkadang sering mati tiba" seperti minyak telat,, bagaimana solusinya pak,?? Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
  15. saya kurang tahu persis, Pak. Yang saya alami terakhir tenaga berkurang. kiranya busi, setelah diganti, tetap saja. ternyata klepnya minta diratakan lagi. begitu saja

    BalasHapus
  16. Apa penyebab mesin colt t 120 bergetar keadaan berhenti?

    BalasHapus

Takziyah ke Wongsorejo

KAMIS, 2 NOVEMBER 2023  subuhan di Tanjung, Paiton  Rencana dan pelaksanaan perjalanan ke Wongsorejo, Banyuwangi, terbilang mendadak. Saya...